Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pada Usia Berapa Sebaiknya Mulai Menggunakan Produk Perawatan Rambut?

Kompas.com - 25/03/2024, 03:40 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Merawat rambut secara rutin adalah langkah penting dalam menjaga kondisi rambut agar tetap sehat dan mencegah penuaan (hair aging).

Selain mencuci rambut atau keramas dengan sampo dan kondisioner, beberapa produk perawatan juga dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan rambut, misalnya vitamin atau serum khusus rambut.

Baca juga:

Nah, penggunaan produk perawatan rambut ini bisa dimulai sejak dini. Namun, pada usia berapa sebenarnya kita sudah dapat menggunakan produk perawatan rambut?

Ahli dermatologi dan rambut, Dr Nevristia Pratama, SpDVE, mengatakan bahwa hair aging dapat terjadi di usia muda.

Untuk itu, kita perlu mencegahnya dengan menggunakan beberapa produk perawatan, misalnya vitamin rambut yang mengandung antioksidan tinggi, seperti Moroccan oil atau argan oil.

Head of Marketing Home Personal Care Kino, Lidwina Natalia menambahkan, tidak ada patokan usia tertentu seseorang sudah boleh menggunakan vitamin rambut.

Lidwina pun menganjurkan vitamin rambut digunakan untuk orang-orang yang sudah aktif beraktivitas di luar ruangan.

"Tapi memang disarankan usia dini itu mulai remaja ya, sejak usia 15 tahun. Kalau memang untuk anak-anak ya pilih vitamin yang sesuai dengan usianya karena kebutuhannya pasti berbeda," ujarnya saat acara media gathering Ellips di Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Baca juga:

Di samping itu, kesehatan rambut juga tidak lepas dari faktor-faktor internal yang mendukungnya, seperti mengonsumsi makanan bernutrisi serta suplemen.

Misalnya, menurut Dr Nevristia, makanan-makanan yang tinggi protein dan mengandung vitamin C maupun vitamin B5 sangat baik untuk kesehatan rambut.

"Untuk suplemen kita bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung biotin dan juga zinc," ungkapnya.

@kompas.lifestyle Pernah mengalami rambut kering karena sering diwarnai? ini tips merawatnya! #lifestyle #haircare #bleaching #perawatanrambut #rambut ? Aesthetic - Tollan Kim
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com