Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Abang None Jakarta Ternyata Tak Pakai MUA dan Hair Stylist, Kenapa?

Kompas.com - 25/03/2024, 16:36 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang pasti tahu tentang Abang None Jakarta. 

Duta Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, khususnya untuk wilayah DKI Jakarta ini biasanya tampil rapi di acara-acara kenegaraan dengan setelan baju adat Betawi. 

Namun, yang orang-orang tak ketahui, ternyata penampilan mereka tersebut tak dibantu oleh Makeup Artist (MUA) dan hair stylist

Baca juga: Apa Saja yang Dilakukan Abang None Jakarta?

Baca juga: Sering Tegas ke Pemain Teater Abang None, Maudy Koesnaedi: Sekarang Udah Enggak Seperti Dulu

Hal ini diungkap oleh None Jakarta Selatan 2023, Amanda Andriana Havarani, saat diwawancarai Kompas.com, Sabtu (23/3/2024). 

“Dari makeup sampai hairdo, ini harus dilakukan sendiri karena memang kami sudah diajarkan grooming secara mandiri sejak karantina,” kata Amanda kepada Kompas.com, saat diwawancarai usai acara TAMAN (Abang None Jakarta Ramadhan) 2024, di Senayan City, Jakarta Selatan, Sabtu sore. 

Bahkan, kata Amanda, cepol para None setiap bertugas atau setiap akan perform, juga selalu dilakukan sendiri karena memang sudah dilatih. 

Salah satu None Jakarta Selatan 2023, Amanda Andriana Havarani saat diwawancarai Kompas.com seusai acara TAMAN (Abang None Jakarta Ramadhan) 2024, di Senayan City, Sabtu (23/3/2024).KOMPAS.com/CHRISSTELLA EFIVANIA ROSALINE Salah satu None Jakarta Selatan 2023, Amanda Andriana Havarani saat diwawancarai Kompas.com seusai acara TAMAN (Abang None Jakarta Ramadhan) 2024, di Senayan City, Sabtu (23/3/2024).

“Cepol rambut itu biasanya kami lakukan sendiri. Mudah kok, tinggal dikuncir, lalu disasak, setelah itu dipasangkan hairnet  biar membentuk cepol. Lalu, dipasangkan hiasan ronce melati untuk melengkapi cepolannya itu,” jelas None Jakarta Selatan 2023 itu. 

Amanda mengaku, sebelum ia ikut ajang Abang None Jakarta, ia tak pernah tahu caranya mencepol rambut, bahkan tak bisa melakukan makeup dengan proper

Baca juga: Gaya Rambut Cepol Bikin Pria Cepat Botak

“Sejak di sini (Abang None Jakarta), aku jadi tahu tuh gimana sih makeup yang proper, bahkan dulu tuh aku enggak bisa pakai bulu mata palsu sendiri. Tapi karena di sini diajarin banget dari A sampai Z, jadi bisa, deh,” lanjut Amanda. 

Abang Kepulauan Seribu 2018, Nicholas Benito Siahaan juga mengungkap hal serupa. 

Potret para Abang None Jakarta dalam acara TAMAN (Abang None Jakarta Ramadhan) 2024, di Senayan City, Jakarta Selatan, Sabtu (23/3/2024).Dok. Humas Ikatan Abang None Jakarta (IANTA)/Syaiful Sofyan Potret para Abang None Jakarta dalam acara TAMAN (Abang None Jakarta Ramadhan) 2024, di Senayan City, Jakarta Selatan, Sabtu (23/3/2024).

“Kami di sini (Abang None Jakarta) memang diajarkan untuk grooming sendiri. Enggak yang gimana-gimana sih, at least kami jadi tahu cara terlihat rapi itu seperti apa,” kata lelaki yang akrab disapa Nicho itu. 

Nicho mengatakan, tak ada protokol tetap terkait penataan rambut dan cara berpakaian. Tetapi, mereka diajarkan untuk selalu terlihat rapi di setiap kesempatan. 

Baca juga: Rutinitas Perawatan Rambut Sederhana ala Patricia Gouw

“Rambut enggak ada aturannya sih harus potongannya gimana atau belahannya harus ke mana, yang penting rapi aja. Biasanya biar tambah rapi itu pakai pomade atau wax aja sih, tapi itu juga opsional,” lanjutnya. 

Menurut Nicho, kebiasaan grooming ini sudah menjadi kebiasaan dalam hidupnya sehari-hari sejak ia ikut ajang Abang None Jakarta enam tahun yang lalu.

“Aku jadi overly prepared gitu loh orangnya. Kalau dulu misalnya ada tugas-tugas kenegaraan, harus pakai baju kebesaran, baju sadariah, itu tuh kami siapin masing-masing. Kebiasaan-kebiasaan itu lah yang akhirnya kebawa sampai sekarang,” pungkasnya. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com