Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Outfit Unik Teater Abnon 2017 Dipakai Lagi 7 Tahun Kemudian…

Kompas.com - 26/03/2024, 14:14 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikatan Abang None Jakarta (IANTA) menggelar acara TAMAN (Abang None Jakarta Ramadhan) 2024 di Senayan City, Sabtu (23/3/2024) lalu.

Dalam acara tersebut, terlihat para alumni dari Abang None Jakarta dari berbagai angkatan mengenakan pakaian beragam, mulai dari pakaian Adat Betawi, seperti Baju Sadariah dan Kebaya Encim, baju koko, hingga baju unik lainnya. 

Baca juga: Ternyata, Abang None Jakarta Tak Pakai Standar Kecantikan Saat Seleksi

Baca juga: Abang None Jakarta Ternyata Tak Pakai MUA dan Hair Stylist, Kenapa?

Ada satu setelan baju ikonik yang digunakan oleh salah satu pasangan Abang None yang menjadi master of ceremony (MC) dalam acara tersebut, yakni Abang Jakarta Selatan 2012, Luthfi, dan None Kepulauan Seribu 2022, Adel. 

Mereka berdua mengenakan outfit yang paling nyentrik di antara sekumpulan finalis Abang None lainnya yang hadir dan menjadi performers di acara itu. 

Punya desain unik, Batik Betawi dibalut secara kontemporer

Outfit yang dikenakan dalam Teater Abnon 2017 berjudul Babe, Muka Kampung Rejeki Kota digunakan lagi dalam acara TAMAN (Abang None Jakarta Ramadhan) 2024 oleh Abang Jakarta Selatan 2012, Luthfi (kanan), dan None Kepulauan Seribu 2022, Adel (kiri).Dok. Humas Ikatan Abang None Jakarta (IANTA) Outfit yang dikenakan dalam Teater Abnon 2017 berjudul Babe, Muka Kampung Rejeki Kota digunakan lagi dalam acara TAMAN (Abang None Jakarta Ramadhan) 2024 oleh Abang Jakarta Selatan 2012, Luthfi (kanan), dan None Kepulauan Seribu 2022, Adel (kiri).

Luthfi dan Adel mengenakan pakaian batik Betawi yang didesain unik secara kontemporer atau kekinian sehingga terlihat lebih modern dibanding baju Adat Betawi lainnya. 

Meski tak diketahui siapa yang mendesain baju tersebut, saat diwawancarai, Luthfi mengungkap baju ini sebelumnya sudah pernah digunakan pada saat pementasan Teater Abang None Jakarta pada tahun 2017 silam. 

Baca juga: Sisi Lain dari Abang None Jakarta yang Tidak Kamu Ketahui, Apa Saja?

“Baju kami berdua ini sebenarnya baju yang dipakai di Teater ‘Babe, Muka Kampung Rejeki Kota’, yang pernah Teater Abnon pentaskan tahun 2017. Ini yang desain siapa juga kurang tau ya, tapi yang pasti sudah pernah dipakai waktu pentas teater Babe itu,” kata Luthfi kepada Kompas.com, usai acara TAMAN (Abang None Jakarta Ramadhan) 2024, Sabtu sore. 

Diketahui, pementasan teater “Babe, Muka Kampung Rejeki Kota” ini mengangkat kisah perjalanan hidup Benyamin Sueb. 

Outfit yang dikenakan dalam Teater Abnon 2017 berjudul Babe, Muka Kampung Rejeki Kota digunakan lagi dalam acara TAMAN (Abang None Jakarta Ramadhan) 2024 oleh Abang Jakarta Selatan 2012, Luthfi (kiri), dan None Kepulauan Seribu 2022, Adel (kanan).Dok. Humas Ikatan Abang None Jakarta (IANTA) Outfit yang dikenakan dalam Teater Abnon 2017 berjudul Babe, Muka Kampung Rejeki Kota digunakan lagi dalam acara TAMAN (Abang None Jakarta Ramadhan) 2024 oleh Abang Jakarta Selatan 2012, Luthfi (kiri), dan None Kepulauan Seribu 2022, Adel (kanan).

Namun, sesuai dengan judulnya, outfit yang dikenakan para pemain teater tersebut memang sengaja dibuat untuk memadukan Adat Betawi dan kehidupan modern masa kini. 

“Jadi memang ini betawi kontemporer sih, enggak hanya batik Betawi aja. Memang sengaja saat itu dibuat untuk memasuki nilai-nilai keberagaman dari Betawi itu sendiri,” lanjut Lutfi. 

Baca juga: Samakah Abang None Jakarta dengan Ajang Beauty Pageant Lainnya?

Dalam acara tersebut, Lutfi dan Adel berperan sebagai MC untuk pentas Lenong atau Bodoran

Maka dari itu, outfit-nya berbeda dari yang lainnya, yakni lebih nyentrik dan ikonik, karena mereka berdua lah yang berperan penting dalam pentas Lenong itu sendiri. 

“Namanya ngelenong emang harus totalitas, Neng. Enggak cuma dari outfit aje, dandanan juga harus all out, makanye nih kite bajunye begini,” pungkas Adel.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com