Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Febby Rastanty Tetap Bisa Fokus Kuliah meski Sibuk Shooting

Kompas.com - 04/04/2024, 16:16 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis Febby Rastanty, diketahui merupakan salah satu selebritas  Tanah Air yang sukses baik di dunia hiburan maupun pendidikan. 

Diketahui, Febby mampu menyelesaikan kuliahnya di Universitas Indonesia, dan mendapatkan gelar Sarjana Hukum dengan predikat Cum Laude pada 2018 silam. 

Febby pun mengungkap rahasianya bisa tetap fokus ke dua rutinitasnya, yakni sibuk shooting dan kuliah secara bersamaan, ketika menjadi salah satu pembicara di konferensi pers #AksiCantik Unilever Indonesia di Masjid Istiqlal, Selasa (2/4/2024). 

Baca juga: Pentingnya Pendidikan di Mata Febby Rastanty

Baca juga: Febby Rastanty Ungkap Alasan Utamakan Pendidikan Dibanding Hal Lain

Ada dua cara yang selalu ia lakukan untuk bisa fokus ke dua hal tersebut. Begini penjelasannya. 

Cara Febby Rastanty bagi waktu antara bekerja dan kuliah

1. Tentukan skala prioritas

Potret Febby Rastanty saat wisuda di Kampus UI, Depok, Jawa Barat, pada 2018 silam. Instagram.com/febbyrastanty Potret Febby Rastanty saat wisuda di Kampus UI, Depok, Jawa Barat, pada 2018 silam.

Febby mengatakan, hal utama yang ia lakukan ketika berkuliah sambil bekerja adalah menentukan skala prioritas. 

“Dari kecil, papa sama mama memang sudah menanamkan nilai bahwa pendidikan itu penting. ‘Pendidikan itu penting ya, Kak. Kalau kakak shooting terus habis itu ikut sana-sini kegiatan, itu sampingan aja, itu cuma hobi. Tapi yang paling penting pendidikan’,” jelasnya sambil menirukan perkataan kedua orangtuanya, saat konferensi pers di Masjid Istiqlal, Selasa siang. 

Baca juga: Febby Rastanty Ungkap Pentingnya Punya Circle Pertemanan yang Positif

Lantaran hal itu, ia selalu lebih memprioritaskan pendidikannya dibanding hal lain. Bahkan, ia bercerita bahwa dirinya pernah menangis jika bolos sekolah. 

“Aku bolos sekolah tuh aku bisa nangis. Biasanya (bolos) itu karena aku shooting terus pulang pagi, jadi suka enggak dibangunin. Aku ngerasa, enggak bisa, sayang banget (kalau aku bolos),” tambah Febby.

2. Selalu mengingat perjuangan untuk masuk kuliah

Hal kedua yang selalu ia lakukan agar bisa tetap fokus kuliah adalah selalu mengingat perjuangannya ketika masuk kuliah. 

Perempuan 28 tahun itu mengatakan, masuk ke kampusnya, yakni Universitas Indonesia bukan hal yang mudah. 

“Masuk univ aku itu agak sulit, karena aku bersaing dengan siswa-siswa dari seluruh Indonesia. Aku merasa enggak adil aja sama mereka yang enggak keterima, kalau aku yang udah keterima ini enggak memakai kesempatan belajar di sana dengan baik,” tutur eks personil girlband Blink itu. 

Baca juga: Intip Gaya Febby Rastanty Kenakan Hijab dan Gamis

Dalam hal ini, Febby juga mengaku sangat merasa bersyukur dan bahagia karena bisa mendapatkan kesempatan untuk belajar di universitasnya. 

“Aku sudah dapat kesempatan buat keterima di Universitas Indonesia, aku bisa belajar dan diajar oleh pendidik yang baik, tempatnya juga baik. Jadi menurutku kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin,” pungkasnya. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas.com (@kompascom)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com