Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Setting Spray Bisa Dipakai Sebelum Makeup?

Kompas.com - 17/04/2024, 19:25 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Apakah setting spray bisa dipakai sebelum makeup? Pertanyaan ini mungkin pernah muncul di pikiranmu ketika mengalami makeup atau riasan yang bergeser alias tidak mudah hilang.

Adapun setting spray adalah semprotan yang diaplikasikan di atas riasan wajah agar tetap awet. Riasan yang dimaksud termasuk alas bedak, perona pipi, contour, serta riasan mata sehingga terkunci secara maksimal, seperti dilansir dari Real Simple.

Baca juga:

Produk ini utamanya dibutuhkan pada acara-acara penting tertentu di mana memerlukan ketahanan riasan lebih lama daripada biasanya. Misalnya, pernikahan atau pesta.

Meski biasa diaplikasikan setelah merias wajah, beberapa kreator konten menyebutkan bahwa produk ini juga bisa digunakan sebelum merias wajah. Apa benar?

Apakah setting spray bisa dipakai sebelum makeup?

Biasanya, setting spray diaplikasikan setelah wajah selesai dirias. Namun, ada banyak video di media sosial yang menunjukkan bahwa penggunaannya tidak sekaku itu.

Beberapa kreator konten menyemprotkan setting spray sebelum blending atau meratakan makeup. Cara ini diklaim menurangi cakey pada hasil riasan dan membuatnya jadi lebih awet.

Makeup artist sekaligus direktur eksekutif edukasi lobal Buxom Cosmetics, David Birdwell mengatakan, menggunakan setting spray sebelum maupun setelah merias wajah tergantung pada pribadi masing-masing.

Baca juga: 5 Tips Makeup yang Bisa Bikin Wajah Terlihat Lebih Muda

Namun, menggunakannya setelah wajah selesai dirias memberikan beberapa manfaat.

"Menggunakan setting spray yang tepat benar-benar dapat membantu mengaplikasikan riasan sebelum langkah pencampuran," kata Birdwell.

Menurutnya, cara itu akan membantu mengemulsi produk di kulit menggunakan bahan-bahan yang menghidrasi dan menutrisi.

Ia setuju bahwa mengaplikasikan setting spray sebelum merias wajah dapat membantu menghindari hasil akhir yang cakey.

Hal senada diungkapkan oleh direktur kecantikan global di Laura Mercier, Tayaba Jafri. Menurutnya, mencampurkan riasan dengan setting spray agar membasahinya memang bisa membuat riasan lebih awet.

Baca juga: 3 Cara Reapply Sunscreen di Atas Makeup

Namun, tingkat keberhasilannya tentu tergantung pada pengaplikasiannya.

"Keberhasilan hal ini tentu saja tergantung pada jenis riasan yang kita gunakan dan apakah riasan tersebut dapat menyatu dengan baik dengan setting spray," ujar Jafri.

Jadi, cara ini belum tentu berhasil bagi semua orang. Meskipun begitu, tak ada salahnya jika kamu mau mencoba.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com