Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Tas Berbahan Polyester? Begini Cara Perawatannya!

Kompas.com - 14/06/2024, 14:14 WIB
Devi Pattricia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Polyester menjadi salah satu jenis bahan yang banyak digunakan untuk tas. Selain tahan air, tas dengan bahan polyester juga cenderung lentur.

NIION menjadi salah satu jenama lokal asal Bandung yang memiliki beragam koleksi tas yang berbahan dasar polyester, khususnya polyester neon dengan warna yang nyentrik dan unik. 

Product Director NIION Rangga Yuzar menyebutkan, merawat tas berbahan dasar polyester sangat mudah dan tidak memerlukan perawatan yang khusus. 

Terdapat dua cara yang bisa kamu lakukan untuk tetap menjaga kebersihan tas yang berbahan polyester, Yuk simak selengkapnya!

Baca juga: Agar Tak Mudah Rusak, Begini Cara Perawatan Tas Kulit Sintetis

CEO NIION Holding Adit Yara (kanan) dan Product Director NIION Rangga Yuzar (kiri) dalam pembukaan flagship NIION di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (13/6/2024).KOMPAS.com/Devi Pattricia CEO NIION Holding Adit Yara (kanan) dan Product Director NIION Rangga Yuzar (kiri) dalam pembukaan flagship NIION di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (13/6/2024).

Dicuci menggunakan mesin cuci

Menurut Rangga Yuzar, tas berbahan polyester sangat aman untuk dicuci menggunakan mesin cuci loh. 

Bahkan ia mengungkapkan bahwa salah satu alasan ia memakai bahan polyester pada koleksi tas NIION adalah agar bisa langsung dimasukkan ke mesin cuci setiap kali ada noda atau kotoran.

“Jadi basically memang kalau kami pilih bahan polyester itu kalau kotor, tinggal masuk mesin cuci aja selesai,” kata Rangga Yuzar kepada awak media di NIION Flagship Store di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (13/6/2024).

Meskipun dicuci dengan mesin cuci, tetapi bahan polyester akan tetap aman dan kalau kualitas polyester yang bagus, maka warnanya tidak akan luntur. 

“Kalau dicuci mesin cuci tekstur bahan atau warna-warna dari bahan polyester itu juga aman dan enggak luntur,” ujarnya.

Baca juga: Tips Merawat Tas Kulit Agar Tetap Bersinar

Disikat lembut

Namun apabila tas polyester kamu memiliki noda membandel, maka Rangga Yuzar menyarankan untuk merendam tas dengan sabun terlebih dahulu.

Setelah itu, bagian nodanya bisa disikat dengan lembut untuk perlahan-lahan menghilangkan noda yang menempel.

“Sebetulnya direndam sabun gitu kalau kotor juga enggak apa-apa. Nanti juga akan turun kotorannya pas disikat halus,” tandasnya. 

Tas dengan bahan polyester juga memiliki keunggulan lainnya yaitu cenderung lebih ringan dan lebih tahan terhadap noda karena karakteristiknya yang tahan air. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com