Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Cara Pakai Tas Ransel Harus Menempel ke Punggung, Benarkah?

Kompas.com - 23/04/2024, 08:47 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, viral di media sosial X (dulunya Twitter), soal cara menggunakan tas ransel yang tepat. 

Pembahasan soal penggunaan tas ransel tersebut dimulai dari sebuah akun @kalkunsenang, yang memberikan semacam testimoni terkait penggunaan tas ransel untuk kegiatan sehari-hari. 

Baru memahami penggunaan backpack buat kuliah sungguh sangat life changing. No more pundak berat sebelah gara-gara shoulder bag yang sesungguhnya memperparah derajat kemiringan tulang. Estetika itu fana, tulang miring itu kekal.” tulis akun @kalkunsenang pada Selasa (16/4/2024). 

Baca juga: Ramai soal Penggunaan Tas Backpack, Dokter: Yang Penting Latihan Otot

Baca juga: 3 Rekomendasi Latihan Otot dari Dokter Ortopedi untuk Kesehatan Tulang

Twit tersebut pun direspons oleh salah satu akun bernama @popiforestian. Akun tersebut mengatakan, penggunaan tas yang benar harus menempel ke punggung. 

Kak sekadar saran tambahan, kalau bawa beban yang cukup berat, talinya ditarik sampe nempel banget ke punggung. Ini bakal bikin beban lebih terasa ringan dan lebih aman bagi punggung,” ujar akun @popiforestian, sehari setelahnya, Rabu (17/4/2024). 

Twit tersebut pun sudah dilihat 2,1 juta kali, dan di-repost oleh 5,2 ribu akun, serta di-like oleh 27 ribu akun. 

Lantas, benarkah cara tersebut? Ini kata dokter. 

Tak harus menempel, tapi…

Ilustrasi ransel, tas ransel.UNSPLASH/MIKA BAUMEISTER Ilustrasi ransel, tas ransel.

Menurut dr. Andi Nusawarta, Sp.OT(K), penggunaan tas ransel yang tepat tak harus menempel ke punggung. Namun, harus seimbang. 

“Sebenarnya harus seimbang, bukan nempel. Ini soal kenyamanan sih, kalau longgar kan goyang-goyang, sedangkan kalau rapat ke punggung jadi lebih tight, enggak goyang-goyang atau longgar,” jelas Andi kepada Kompas.com dalam sambungan telepon, Senin (22/4/2024). 

Andi pun mengatakan, tas ransel yang nyaman harus punya bantalan untuk bagian bahu, agar tak terlalu sakit jika membawa beban agak banyak. 

Baca juga: Pakai Ransel atau Koper Saat Wisata, Simak Kelebihan dan Kekurangannya

“Tali di bagian punggungnya itu harus nyaman, dan bebannya itu harus disesuaikan dengan kemampuan otot. Kalau otot enggak terlatih, tapi harus bawa beban berat, nanti enggak kuat juga, enggak nyaman dibawa-bawa,” lanjutnya. 

Selain itu, Andi mengingatkan untuk selalu menggendong tas ransel dengan dua talinya.

“Jangan dipakai hanya satu sisi saja, nanti jadi enggak seimbang dan berat sebelah. Tidak ada hubungannya dengan postur dan lain-lain, ini soal kenyamanan,” pungkasnya. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com