Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Meningkatkan Energi untuk Menjalani Hari-hari Penuh Semangat

Kompas.com - 17/06/2024, 11:31 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Sebagian dari kita mungkin pernah memiliki rencana panjang yang ingin dilakukan, namun tidak berhasil menyelesaikannya karena kelelahan atau tidak memiliki energi dan semangat di penghujung hari.

Sederhananya, kita memerlukan dorongan energi untuk memenuhi tuntutan hidup sehari-hari - dan ini bukan soal energi jangka pendek yang diberikan oleh secangkir kopi atau minuman kaleng.

Ada cara untuk meningkatkan energi tubuh secara alami dan menghilangkan rasa lelah yang berkepanjangan. Misalnya, kapan dan apa yang kita makan dan minum dapat membuat perbedaan. Begitu pula dengan cara kita tidur, olahraga, dan menangani stres.

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Bikin Energi Terkuras Sepanjang Hari

Cara alami untuk meningkatkan energi 

Cara kita menjalani hidup membantu menentukan seberapa banyak energi yang kita miliki. Mengikuti 10 tips ini dapat membuat kita tetap bersemangat.

Jangan pernah melewatkan sarapan

Kamu tidak akan berharap untuk melakukan perjalanan jauh jika mengemudi dengan tangki bensin kosong, bukan? Pikirkan hal yang sama ketika memulai harimu. Jika kamu tidak mengisi perut dengan sarapan bergizi, tubuh tidak akan bekerja secara efisien.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sarapan memiliki kinerja lebih baik dalam mengerjakan tugas dan lebih sedikit melewatkan hari kerja dan sekolah dibandingkan mereka yang tidak, kata ahli diet Beth Czerwony, RD, LD.

Di sisi lain, orang yang melewatkan sarapan cenderung menjadi kurang aktif atau bahkan lesu.

Bergeraklah

Duduk di depan meja selama berjam-jam memang melelahkan. Solusinya? Berdiri dan bergerak. Peregangan kaki setiap jam atau lebih dapat membuat darah mengalir cukup untuk meningkatkan energi.

Para peneliti menemukan bahwa “microburst” enam kali berjalan selama 5 menit dalam satu shift membuat orang merasa lebih berenergi dan meningkatkan suasana hati secara keseluruhan. “Bergerak sebentar saja dapat memberikan efek yang kuat,” Czerwony menekankan.

Olahraga teratur juga melepaskan energi endorfin yang dapat membuat kita tetap siap beraktivitas.

Baca juga: 6 Buah Terbaik untuk Mendongkrak Lebih Banyak Energi

Pilih karbohidrat yang tepat

Karbohidrat menyediakan bahan bakar yang sangat dibutuhkan tubuh. Namun berapa lama energi tersebut bertahan bergantung pada jenis karbohidrat yang kita makan.

Karbohidrat sederhana – contohnya termasuk roti putih, pasta, dan makanan panggang manis – membawa lonjakan energi yang pasti, karena meningkatkan kadar gula darah. Namun, kenaikan cepat itu diikuti dengan efek mengantuk.

Sebaliknya, karbohidrat yang lebih kompleks dicerna lebih lambat ke dalam aliran darah , kata Czerwony. Ini memberi tubuh sumber energi yang stabil untuk jangka waktu yang lebih lama, membantu kita menjalani hari lebih bertenaga.

Karbohidrat kompleks yang memberikan energi lebih tahan lama antara lain:

  • Havermut.
  • Beras merah.
  • Bluberi.
  • Jeruk.
  • Kacang-kacangan.
  • Brokoli.
  • Asparagus.
  • Bayam.
  • Kubis.

Makanlah protein tanpa lemak

Tahukah jenis makanan lain yang memberi energi dalam jangka panjang? Protein tanpa lemak. Makronutrien ini membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga membantu menstabilkan kadar gula darah untuk waktu yang lebih lama. “Anda mendapatkan energi yang berkelanjutan dengan makanan ini,” catat Czerwony.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com