Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berat Badan Naik, Turunkan dengan Olahraga Menyenangkan Ini

Kompas.com - 01/07/2017, 12:43 WIB
Mikhael Gewati

Penulis

KOMPAS.com – Biasanya usai libur Lebaran berat badan seseorang cenderung naik. Penyebabnya, terlalu banyak mengkonsumsi makanan berkadar gula dan kolesterol tinggi, seperti kue-kue lebaran, ketupat sayur, dan daging sapi.

Nah, kalau berat badan Anda sudah menunjukkan gejala naik, jangan pasrah atau berdiam diri. Berolahragalah agar berat badan turun dan kembali ideal.

Salah satu cara untuk rajin berolahraga dan tidak menjadi beban adalah dengan melakukan olahraga yang menyenangkan.

Berikut adalah beberapa olahraga menyenangkan yang dapat menurunkan berat badan karena membakar banyak kalori, seperti kutip dari health.usnews.com pada Rabu (6/3/2016).

Pertama, golf. Seharian bermain golf di lapangan ternyata dapat membakar kalori dengan signifikan.

Namun, semua itu bisa terjadi asalkan Anda bermain golf dengan berjalan kaki untuk pindah dari satu hole—lubang—ke hole yang lain. Olahraga ini bisa menyenangkan bila dilakukan bersama-sama teman se-klub.

Adapun kalori yang terbakar dari olahraga ini sebanyak 267 untuk orang dengan berat badan 58,9 Kilogram (Kg). Lalu, 369 kalori untuk orang dengan berat badan 81,6 Kg.

Kalkulasi perhitungan pembakaran kalori tersebut berdasarkan The Compendium of Physical Activities Tracking Guide atau Ringkasan Panduan Melacak Aktivitas Fisik. 

Kedua, softball atau baseball. Olahraga yang dikenal dengan nama bisbol di Indonesia ini ternyata membakar kalori dengan baik.

Mike Watson Images Pitcher Releasing Baseball
Rata-rata jumlah kalori yang terbakar pun akan sama baik yang melakuan lemparan bola dengan cepat atau fast-pitch dan lambat atau slow-pitch.

Total kalori yang terbakar dari olahraga ini untuk orang dengan berat badan 58,9 Kg adalah sebesar 310 kalori. Sementara itu, jika berat badannya 81,6 Kg maka besar kalori yang terbakar mencapi 430 kalori.

Ketiga, tenis lapangan. Menurut Asosiasi Tenis Amerika Serikat bermain tenis berpasangan atau doubles akan membakar kalori dan membantu meningkatkan kelincahan.

Maka dari itu, ajaklah teman Anda untuk bermain tenis berpasangan.

Adapun besaran kalori yang dibakar sebesar 372 kalori untuk orang dengan berat badan 58,9 Kg. Sementara itu, jika berat badannya 81,6 Kg maka kalori yang terbakar sebanyak 515 kalori.

Keempat, renang. Hampir semua otot di organ tubuh bekerja saat renang. 

Berenang gaya bebas dengan kecepatan sedang misalnya. Latihan ini amat bagus untuk kaki, lutut, gluteus—satu dari dari tiga otot besar di bokong—dan otot inti.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com