Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/10/2017, 14:04 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

KOMPAS.com - Apakah Anda tahu apa arti kata ‘deadhead’, ‘squawk’, atau merespon ucapan ‘pan-pan’?

Kata-kata di atas merupakan sedikit contoh dari bahasa khusus yang harus dipahami para pilot —tak peduli dari mana asal negara mereka.

Pada umumnya, pilot memang berbahasa Inggris. Namun bahasa penerbangan atau bahasa Inggris penerbangan—yang memiliki 300 kata— sedikit berbeda. Ia adalah kombinasi dari jargon profesional dan bahasa Inggris.

Bahasa tersebut diciptakan untuk menghindari miskomunikasi antara pilot dan pengatur lalu lintas udara —serta menghindari risiko fatal terjadinya kecelakaan karena bahasa-bahasa yang hampir mirip.

Sebagai catatan, salah satu kecelakaan fatal di dunia penerbangan pernah terjadi karena kerancuan bahasa.

Pada tahun 1977, kapten pilot asal Belanda dalam penerbangan menuju Tenerife mengatakan kepada petugas lalu lintas udara: “We are at takeoff”.

Tragisnya, kata-kata dalam bahasa Belanda dan Inggris itu membingungkan. Dan karena cuaca buruk, menara kontrol tidak dapat melihat dua pesawat berada di poisi saling berhadapan. Peristiwa tabrakan tersebut mengakibatkan 583 orang meninggal dunia.

Baca juga: Kenapa Pilot dan Co-Pilot Tidak Makan Makanan yang Sama?

Berdasarkan beberapa data kecelakaan penerbangan, International Civil Aviation Organization (ICAO) menyarankan bahasa Inggris harus menjadi bahasa internasional dunia penerbangan—dan pilot serta pengatur lalu lintas udara harus memiliki pengetahuan dasar bahasa tersebut.

Tapi, itu bukan seperti bahasa Inggris yang kita tahu. Berdasarkan Oxford Dictionary: “Mempelajari bahasa dalam komunikasi pesawat terbang merupakan salah satu bagian paling sulit untuk menjadi pilot dan pilot baru harus ikut ujian tulis serta praktek untuk diperbolehkan terbang.”

Untuk memahami ucapan pilot, pertama Anda harus mempelajari international phonetic alphabet.

Kemudian pilot juga harus memahami daftar kata-kata dalam penerbangan, seperti “roger”—yang berarti mengerti, “affirm”—yang berarti iya dan “approach” yang berarti hendak mendarat.

Sementara bahasa penerbangan terus berubah, para pilot harus lulus ujian bahasa tersebut agar dapat menerbangkan pesawat dengan aman.

Ucapan pilot..dan apa artinya

Affirm: Berbeda dengan ucapan biasa, para pilot tidak mengatakan “affirmative” ketika yang mereka maksud iya—istilah yang benar adalah affirm, diucapakan “AY-firm”.

Approach: Hendak mendarat

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com