5 Alasan Pentingnya Rutinitas "Skin Care" Malam - Kompas.com

5 Alasan Pentingnya Rutinitas "Skin Care" Malam

Lusia Kus Anna
Kompas.com - 15/12/2017, 17:00 WIB
IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi

KOMPAS.com - Sebagian besar wanita hanya menganggap membersihkan wajah sebelum tidur saja sudah cukup dan melewatkan pemakaian krim malam.

Jika gaya hidup Anda sehat, misalnya tidur cukup setiap malam, mengasup makanan bergizi, tidak merokok, dan berusia kurang dari 25 tahun, mengabaikan rutinitas skin care malam hari mungkin sah-sah saja.

Bagi sebagian besar dari kita, memakai krim malam, bahkan serum, adalah bagian penting dari perawatan kulit di malam hari. Simak 5 alasan pentingnya memakai produk skin care untuk malam:

1. Kulit butuh hidrasi
Kulit kehilangan kadar air pada siang dan malam hari, dan mencapai puncaknya sekitar jam 4 pagi. Itu sebabnya kita butuh produk skin care untuk menjaga kelembaban kulit.

Produk krim malam biasanya mengandung air, asam lemak esensial, nutrisi, dan juga kolagen. Jika lapisan kulit kering atau dehidrasi, pemakaian krim malam akan mengembalikan kelembutan dan kekenyalannya. Hal ini menjadi penting jika kita sering terpapar sinar matahari. Jadi, jangan biarkan krim malam yang Anda beli hanya menghiasi meja rias di kamar.

2. Memulihkan kondisi kulit
Di siang hari, kulit menghadapi lingkungan yang "keras" seperti stres, polusi, asap rokok, sinar matahari, dan faktor pencetus radikal bebas lainnya. Jika toksin tersebut berakumulasi di kulit, sel-sel kulit akan mengalami disfungsi. Hasilnya adalah kulit tampak kusam, kering, keriput, dan juga spot kehitaman.

Ketika kita tidur, kulit akan memulihkan dirinya untuk memperbaiki kerusakan. Selama proses ini, sirkulasi darah ke kulit akan lebih banyak untuk menyuplai nutrisi yang dibutuhkan. Krim malam akan mendorong sel-sel melakukan pembersihan toksin yang masih menempel di kulit.

3. Membuat kulit "glowing"
Hal menakjubkan lain di kulit pada malam hari adalah peremajaan, yang terjadi antara jam 1-3 dini hari. Kita bisa membantu proses ini dengan penggunaan produk skin care yang memiliki zat aktif seperti retinol, resveratrol, atau pun hyalournic acid.

Sebelum tidur, gunakan krim wajah yang mengandung AHA (glycoric atau lactic acids) atau BHA (salicylic acid) yang akan membuat permukaan kulit halus dan merangsang regenerasi kulit. Produk-produk tersebut akan membuat kulit cerah, halus, dan glowing.

4. Mencegah penuaan
Malam hari adalah waktu yang tepat untuk melawan semua pengaruh negatif yang diterima kulit di siang hari. Itu sebabnya memilih krim malam dengan formula yang memperbaiki sel-sel kulit sangat penting. Produk tersebut juga dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini.

5. Ada banyak pilihan
Apa pun tipe produk skin care malam yang Anda pilih, mulai dari serum, krim, masker, atau essens, ada berbagai jenis yang bisa disesuaikan dengan jenis dan kondisi kulit.

PenulisLusia Kus Anna
EditorLusia Kus Anna
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM