Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/02/2018, 07:34 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, perut buncit dirasa mengganggu penampilan dan membuat tidak percaya diri. Banyak usaha kemudian dilakukan untuk mengubah perut buncit menjadi rata.

Namun, sering kali usaha-usaha untuk membuat perut rata tidak berhasil. Mengapa demikian? Ada beberapa sebab mengapa kita kesulitan memiliki perut rata yang didambakan. Apa sajakah?

1. Makan terlalu banyak sebelum olahraga

Makan terlalu banyak sebelum olahraga dapat mengurangi peluang untuk mengecilkan perut. Camilan ideal sebelum olahraga harus mencakup sedikit lemak, karbohidrat kompleks, atau protein yang sehat.

Pastikan juga tidak makan terlalu lama sebelum mulai olahraga, tapi motivasi diri untuk makan makanan sehat sepanjang hari untuk mendapatkan energi yang optimal.

Baca juga : Mana Lebih Baik: Makan Sebelum atau Setelah Olahraga?

2. Salah memilih olahraga

Untuk mengubah perut buncit menjadi perut rata, kita perlu melakukan pola makan sehat dan olahraga yang rutin. Fokuskan melatih semua area tubuh di mana ada penumpukan lemak, bukan hanya konsentrasi pada perut.

Jika kita hanya fokus pada perut atau kurang memberikan variasi pada latihan atau tidak rajin berlatih, tentu hasil yang diharapkan pun akan sulit tercapai.

Baca juga : Olahraga Apa yang Paling Efektif Bikin Perut Rata?

3. Konsumsi makanan olahan terlalu banyak

Makanan olahan dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh. Oleh karena itu, cobalah untuk konsumsi makanan kaya antioksidan seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian yang dapat mencegah munculnya lemak perut.

Selain itu, pilih makanan yang cukup protein tanpa lemak seperti ayam segar, daging sapi segar tanpa lemak, ikan, dan susu rendah lemak. Perhatikan juga asupan gula dan alkohol, karena makanan ini cenderung menyebabkan timbunan lemak di perut.

Baca juga : Diet Selalu Gagal? Salahkan 4 Bahan Makanan Ini

4. Stres

Stres memicu tubuh memproduksi hormon kortisol yang dapat membuat tubuh menyimpan lemak di bagian tengah tubuh. Pengaruh stres memang besar terhadap kenaikan berat badan sehingga menyebabkan penumpukan lemak di perut.

Selain itu, untuk sebagian orang, saat mengalami stres nafsu makan akan meningkat, terutama makan makanan yang manis. Akhirnya kita pun akan makan lebih banyak hingga semakin sulit untuk mendapatkan perut rata.

Baca juga : Ingin Kebal Stres? Adopsi 10 Kebiasaan Ini

5. Kurang tidur

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com