Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kekasih Berselingkuh, Haruskah Diberi Kesempatan Kedua?

Kompas.com - 13/08/2019, 13:05 WIB
Nabilla Tashandra,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tidak ada yang lebih buruk dari pasangan yang berselingkuh. Hubungan yang mungkin sudah dipupuk lama bisa saja hancur sesaat, setelah kamu mengetahui bahwa pasanganmu tidak setia.

Namun, seiring berjalannya waktu kamu mungkin berpikir untuk memberinya satu kali lagi kesempatan. Sebelum memberikan keputusan, ada baiknya kamu mempertimbangkan hal berikut:

1. Apakah dia menyampaikan langsung?

Jika dia memberitahumu langsung tentang hubungannya dengan orang lain, artinya ia sebetulnya malu dengan apa yang dilakukannya.

Dia tahu bahwa dia akan berbohong padamu setiap hari jika tidak memberitahumu kebenarannya. Setelah berlaku tidak setia, setidaknya dia sudah jujur.

Sementara jika ia berlaku seperti tidak terjadi apapun, artinya dia mungkin bangga dengan fakta bahwa kamu tidak tahu apa yang dilakukannya dan kemungkinan akan menyelingkuhimu lebih parah di masa depan.

Baca juga: Curiga Pasangan Selingkuh? Simak 12 Tanda Tersembunyi Ini

2. Situasi perselingkuhan

Selingkuh adalah selingkuh. Namun, perasaanmu mungkin berbeda jika kekasihmu terjebak dalam satu situasi yang salah dengan pola pikir yang salah dan waktu yang salah.

Jika dia mencari tambatan hati lain, menggodanya dan mengatur suasana sedemikian rupa untuk berada pada situasi tersebut, artinya dia sadar sejak lama tentang apa yang dilakukannya.

Pertimbangkan untuk memberi maaf jika dia mengatakan tidak akan melakukannya lagi dan tulus tentang itu.

3. Apakah teman-temannya tahu?

Seorang sahabat seharusnya bisa melindungi temannya dalam segala situasi, kecuali situasi yang satu ini. Ketika seseorang menyelingkuhi seseorang, artinya ia melukai pasangannya lebih dari rasa sakit biasa.

Jika kekasihmu mengatakan kepada teman-temannya dan seolah merasa biasa saja dengan perilaku tersebut, artinya dia cenderung akan menyakitimu lagi.

Tapi jika sahabat baiknya menghubungimu untuk memberi tahu, setidaknya kekasihmu pergi dengan orang yang menghormatimu dan tahu bahwa situasinya yang salah.

Baca juga: Orang Impulsif Lebih Gampang Tergoda Selingkuh

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com