Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/09/2019, 21:18 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

KOMPAS.com - Orang lanjut usia atau lansia biasanya memiliki kebutuhan khusus yang berbeda.

Apalagi, tak sedikit diantara mereka yang memiliki masalah kesehatan, yang memengaruhi mental dan perilaku. Bahkan, tak jarang hal tersebut membuat mereka bersikap seperti anak kecil.

Gangguan kesehatan mental pada lansia, termasuk depresi dan kecemasan akan memengaruhi lansia dalam melakukan berbagai tugas fisik.

Kondisi tersebut tentu akan menghambat rutinitas sehari-hari mereka. Belum lagi,kondisi tersebut bisa menjadi lebih buruk ketika mereka harus menghadapi kematian orang yang dicintainya.

Oleh karena itu, sangat penting menjaga emosi, menjaga kesehatan fisik dan mental, serta meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik pada lansia.

Baca juga: Marah Bisa Picu Penyakit Bagi Lansia, Apa Alasannya?

Menurut psikolog Sani B Hermawan Psi, pada lansia kemampuan mengingat dan kemampuan memecahkan masalah sudah berkurang. Fungsi luhurnya (indikator kesehatan mental) menurun. Sehingga, mereka memang mengalami kemunduran dalam hidupnya.

“Bahkan dalam pemikiran sehari-hari juga menurun. Kalau yang sudah tua sekali biasanya pelupa, bicara juga sering diulang-ulang,” kata Sani kepada Kompas.com.

“Pada kasus yang lebih parah, buang air kecil tak lagi di toilet. Atau muncul halusinasi.”
Dibutuhkan kesabaran

Menurut studi klinis, ada korelasi antara penuaan dan penurunan kognitif. Bukti menunjukkan, bahwa sel induk saraf yang terletak di daerah otak tertentu memiliki peran utama dalam fungsi kognitif seperti memori, pembelajaran, dan perilaku emosional.

Sel-sel induk saraf ini lah yang kemudian menyebabkan berkurangnya kemampuan untuk belajar serta kinerja memori.

“Para lansia biasanya long term memory-nya bagus, short term memory-nya menurun. Karena itu, banyak lansia yang senang sekali membahas masa-masa dulu. Karena adanya regresi di otaknya,” lanjut Sani.

Baca juga: Olahraga Ringan Juga Bantu Perpanjang Umur Lansia

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com