Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/09/2019, 10:23 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Hypebeast

KOMPAS.com - Mengikuti jejak Gucci, Nike juga turut serta dalam upaya pengurangan bebas karbon dan limbah. Keputusan tersebut diumumkan Nike baru-baru ini. 

Nike, termasuk Gucci, merupakan satu dari sederet perusahaan yang ikut dalam Fashion Pact yang bertujuan menyelarasakan industri mode dengan tujuan pembangunan berkelanjutan PBB.

Menurut Nike, inisiatif baru bebas karbon dan limbah yang disebut "Move to Zero" itu adalah reaksi terhadap faktor-faktor perubahan iklim yang memengaruhi olahraga, salah satunya adalah suhu makin panas yang mempengaruhi stamina atlet dan keberadaan lapangan olahraga salju.

Sebagai tanggapan, Nike berencana membuat perubahan di sekitar perusahaan dan di dalam lingkungan, termasuk rantai pasokan.

Ada pun beberapa rencana Nike, seperti memberi daya pada fasilitas yang dimiliki dan dioperasikan dengan 100 persen energi terbarukan pada tahun 2025. Lalu, Nike berencana mengurangi emisi karbon di seluruh rantai pasokan globalnya hingga 30 persen pada tahun 2030.

Label asal AS itu juga berkomitmen mengalihkan 99 persen dari semua limbah pembuatan alas kaki dari tempat pembuangan sampah. Kemudian, Nike mengalihkan lebih dari 1 miliar botol plastik per tahun dari tempat pembuangan sampah untuk membuat benang untuk kaus baru dan bagian atas sepatu Flyknit.

Terakhir, mewujudkan program Reuse-A-Shoe dan Nike Grind yang mengubah sampah menjadi produk baru, taman bermain, lintasan lari, dan lapangan.

Baca juga: Gucci Terapkan Konsep Bebas Karbon

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com