BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan MSI

Mau Jadi Musisi Kamar dan Terkenal? Ikuti 5 Cara Ini

Kompas.com - 14/04/2023, 13:55 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menjadi musisi terkenal tak melulu harus diwujudkan dengan melakukan rekaman di studio mewah dan sokongan label besar. Sebab, saat ini, produksi musik dapat dilakukan berbekal ruangan di rumah serta sejumlah perangkat alat musik dan mixing sederhana.

Perlu diketahui, seseorang yang memproduksi musik dengan cara tersebut disebut bedroom musician atau musisi kamar.

Selama digarap dengan serius, karya musisi kamar juga dapat bersaing dan tak kalah keren dengan karya para musisi besar yang berada dalam naungan label terkenal.

Hal tersebut pun telah dibuktikan oleh mantan musisi kamar yang karyanya berhasil dikenal banyak orang macam Billie Eilish, Rex Orange County, Girl in Red, Mac DeMarco, dan Boy Pablo.

Mau berkarya dan mengikuti jejak musisi-musisi tersebut? Berikut lima hal yang perlu kamu lakukan saat memutuskan untuk menjadi musisi kamar.

1. Pelajari semua alat musik dengan baik

Dengan memilih menjadi musisi kamar, itu berarti kamu siap untuk memproduksi musik secara mandiri tanpa bantuan orang lain. Oleh karena itu, kamu perlu paham dan mampu memainkan semua jenis alat musik pendukung untuk kebutuhan rekaman.

Dengan mahir memainkan semua alat musik, kamu bisa lebih mudah dalam menciptakan musik berkualitas dengan aransemen yang seimbang.

2. Bikin lagu

Langkah penting yang harus kamu lakukan untuk menjadi musisi selanjutnya adalah dengan membuat lagu. Pastikan lagu yang kamu ciptakan orisinal dan memiliki karakter tersendiri. Sebab, lagu dengan karakter yang kuat umumnya akan lebih dikenali dengan cepat oleh banyak orang.

Untuk membuat sebuah lagu, kamu jelas perlu melewati sejumlah tahapan kreatif, mulai dari membuat lirik, nada, hingga memilih instrumen yang akan dimainkan.

Terkait lirik, kamu bisa mencari inspirasi berdasarkan pengalamanmu sehari-hari ataupun pengalaman paling membekas yang pernah dirasakan.

Sementara untuk nada, kamu bisa mencari berbagai referensi musik sesuai jenis atau aliran musik yang ingin dibuat.

3. Mulai rekaman

Setelah membuat lagu dan mematangkan konsepnya, kamu bisa langsung mencoba untuk merekam karya tersebut.

Untuk melalui tahapan ini, kamu membutuhkan beberapa alat untuk merekam musik, seperti personal computer (PC) atau laptop, digital audio workstation (DAW), audio interface (sound card), musical instrument digital interface (MIDI) controller, dan speaker.

Jika tak punya sejumlah alat musik, seperti bas atau drum, kamu bisa menggunakan software virtual studio technology (VST) sebagai alternatif.

Seperti diberitakan Kompas.com, Kamis (21/7/2023), SVT adalah perangkat lunak yang memiliki beragam suara dari berbagai alat musik, termasuk bas atau drum.

Adapun penciptaan nada atau bunyi pada perangkat lunak tersebut dilakukan dengan metode “menggambar”. Kamu hanya perlu menggambar atau membuat pola suara instrumen tertentu sesuai yang diinginkan.

Selain alat musik, kamu juga memerlukan perangkat mumpuni agar produksi musik yang dihasilkan lebih optimal.

Sebab, kualitas perangkat penunjang, termasuk laptop, juga berpengaruh pada kelancaran produksi musik, khususnya untuk keperluan rekaman, editing, mixing, dan mastering.

Jika belum memiliki laptop yang mumpuni, kamu bisa mempertimbangkan laptop-laptop keluaran MSI sebagai pilihan.

Sebab, jenama teknologi tersebut memiliki segudang produk berkualitas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, termasuk dalam memproduksi musik.

MSI tengah mengadakan promo Laptop mania. Dok. MSI MSI tengah mengadakan promo Laptop mania.

Saat ini, MSI menghadirkan promo Laptop Mania dengan potongan harga hingga Rp 12 juta untuk setiap pembelian yang dilakukan di dealer resmi MSI, baik secara online maupun offline. Promo ini dimulai pada Senin (10/4/2023) hingga Minggu (28/5/2023).

Selain potongan harga, MSI juga akan memberikan bundle gaming mouse dan mousepad secara gratis untuk setiap pembelian laptop gaming tertentu yang pastinya juga dapat menunjang produktivitas lain.

Untuk informasi lebih lengkap terkait promo Laptop Mania dan pembelian laptop MSI secara online, silakan kunjungi tautan berikut.

4. Sempurnakan lewat mixing dan mastering

Jika sudah merekam semua lagu yang diciptakan, kamu perlu melakukan editing untuk memperbaiki hasil karya yang telah dibuat. Proses ini biasa dilakukan bila kamu menemukan suatu masalah pada saat rekaman ataupun ingin memberi sedikit sentuhan pada hasil rekaman tersebut.

Agar hasil rekaman lebih sempurna, kamu bisa melakukan mixing dan mastering.

Dilansir dari laman majormixing.com, mixing adalah proses untuk menyeimbangkan frekuensi dan dinamika dari track yang sudah direkam, mulai dari suara vokal hingga alat musik agar lagu yang dihasilkan menjadi lebih harmonis.

Sementara itu, mastering adalah proses untuk menyempurnakan audio mixing dan memperkuat level volume lagu.

Biasanya, terdapat sejumlah upaya yang dilakukan musisi kamar dalam proses tersebut. Salah satunya, menambahkan efek pada beberapa bagian lagu, seperti equalizer, compressor, limiter, dan peningkatan stereo.

5. Publikasikan

Setelah seluruh proses selesai, kini saatnya karyamu dipublikasikan. Memasarkan lagu buatan sendiri bisa menjadi proses yang menantang, terutama jika kamu belum memiliki pengalaman dalam industri musik.

Namun, dengan strategi yang tepat, bukan hal yang mustahil jika musik buatanmu dapat meledak dan digemari banyak orang.

Salah satu cara yang bisa kamu coba adalah dengan memasukkan musik buatanmu ke dalam platform digital, seperti Spotify.

Selain itu, kamu juga bisa memasarkannya secara online melalui platform media sosial, seperti Twitter, Facebook, Instagram, dan Youtube.

Biar lebih cepat dikenal, ada baiknya kamu rajin untuk mencari panggung atau gig agar dapat menampilkan karya musikmu di hadapan banyak orang secara langsung. Cara ini juga jadi alternatif bagi kamu yang ingin menambah relasi ke sesama musisi.

Saat berada di panggung, jangan lupa untuk membagikan album musik atau merchandise resmi, seperti kaus dan stiker, sebagai bentuk personal branding untuk karyamu.

Itulah lima langkah yang bisa kamu lakukan untuk bisa menjadi musisi kamar.

Ingat, pastikan perangkat pendukung, seperti alat musik dan laptop yang digunakan punya kualitas terbaik agar karya yang dihasilkan bisa semakin optimal.

Bagi yang ingin membeli produk laptop MSI, silakan kunjungi situs web berikut.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com