Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Peralatan Penting yang Harus Disiapkan Sebelum Melakukan Yoga

Kompas.com - 29/04/2024, 08:14 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Yoga merupakan olahraga yang bisa dibilang sangat praktis karena tidak membutuhkan peralatan yang rumit. 

Bahkan, yoga bisa dilakukan secara mandiri di rumah tanpa harus ada bantuan dari guru yoga sekalipun. 

Peralatan yang diperlukan untuk latihan yoga juga tak perlu repot. Menurut guru yoga Reza Bustami, hanya ada dua peralatan esensial untuk latihan yoga. 

Baca juga: Apakah Yoga Ampuh untuk Menurunkan Berat Badan?

Apa saja?

2 peralatan esensial untuk yoga

1. Pakaian yang nyaman

Meskipun kita seringkali melihat orang mempraktikkan yoga sambil mengenakan celana legging, sport bra, atau pun kaus olahraga yang berbahan spandex, Reza mengatakan, tak ada standar khusus untuk pakaian yoga. 

“Enggak ada (standarnya), bisa pakai baju apa aja. Yang penting nyaman aja,” kata Reza kepada Kompas.com di acara Sunset Yoga di Aryaduta Suites Semanggi, Jakarta Selatan, Jumat (26/4/2024).

Baca juga: Perlukah Pakaian Khusus untuk Latihan Yoga?

Ia mencontohkan, dirinya pun terbiasa mengenakan setelan pakaian lari ketika melakukan yoga karena menurutnya praktis, terutama ketika sudah berkeringat. 

“Yoga itu, mau kita pakai kaos doang juga udah bisa, sih. Kalau aku memang pas yoga selalu pakai baju lari gini, aku enggak perlu keribetan ngambil handuk lap-lap keringat, karena bahannya ini sudah langsung menyerap keringat,” jelas Reza. 

Saat mengajar yoga, Reza mengatakan bahwa ia tak pernah lupa untuk memakai headband.

Alasannya, sekadar agar dirinya tidak ribet harus menyeka dahi yang berkeringat di tengah sesi yoga, dan mengganggu fokus saat latihan. 

2. Matras yoga (yoga mat)

Yoga Trainer Reza Bustami saat mengajar di kelas yoganya pada Jumat (26/4/2024) sore. KOMPAS.com/CHRISSTELLA EFIVANIA ROSALINE Yoga Trainer Reza Bustami saat mengajar di kelas yoganya pada Jumat (26/4/2024) sore.

Matras yoga juga merupakan peralatan yang wajib dimiliki. Pasalnya, matras yoga akan membuat berlatih yoga lebih nyaman dan aman. 

Reza menyarankan, yoga mat bagi para pemula harus yang berbahan karet. 

Baca juga: Ikut Kelas Yoga Pertama Kali, Apa yang Harus Dipersiapkan?

“Untuk beginner kalau bahan (matras)-nya bukan karet, akan licin. Jadi pastikan bahannya karet, jadi kalo kita keringetan, masih bisa nge-grip dan kita enggak akan jatuh atau merosot dari posisi,” pungkasnya. 

Untuk menjaga keawetannya, kata Reza, selalu bersihkan matras dengan lap basah, kemudian angin-anginkan supaya tetap bersih, bebas dari jamur, dan selalu higienis.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com