Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Obat Kumur Bisa Digunakan Setelah Kemasannya Dibuka?

Kompas.com - 19/04/2023, 20:28 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Masyarakat urban saat ini mungkin sudah familiar dengan penggunaan obat kumur yang bisa dibeli di toko kesehatan.

Obat kumur ini sering digunakan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan termasuk dalam mencegah beberapa gangguan seperti sakit tenggorokan, sariawan, bau mulut dan lain sebagainya.

Dikarenakan fungsinya yang bermanfaat itu, tak jarang sebagian masyarakat menggunakan dan menyetoknya sebagai bagian dari perawatan gigi dan mulut sehari-hari.

Namun satu hal yang sering jadi pertanyaan adalah berapa lama obat kumur bisa digunakan ketika kemasannya dibuka?

Head of Marketing, PT Mundipharma Healthcare Indonesia, Anastasia Damayanti mengatakan bahwa rata-rata obat kumur itu mengandung sejumlah bahan aktif.

Ketika kemasan atau tutup botolnya sudah dibuka, kemungkinan ada kandungan bahan aktif yang mungkin bisa berkurang efektivitasnya.

Sehingga obat kumur kebanyakan bisa bertahan dan efektif bila disimpan dalam waktu beberapa bulan saja.

Baca juga: Pakai Obat Kumur, Lebih Banyak Manfaat atau Mudaratnya? 

"Kalau kemasannya sudah dibuka, idealnya bisa digunakan maksimal enam bulan," katanya usia acara Betadine, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Selain mempertahankan efektivitas dari bahan aktifnya, durasi penyimpanan tidak lebih dari enam bulan setelah tutupnya dibuka itupun bertujuan untuk mencegah obat kumur yang kita pakai terkontaminasi.

Jadi, dalam periode tersebut sebisa mungkin obat kumur yang dibeli sudah habis digunakan.

"Tapi biasanya karena ukurannya rata-rata di pasaran itu 100 ml, tidak sampai 6 bulan obat kumur juga sudah habis kok," tambahnya.

Ya, berat bersih obat kumur dalam kemasan yang rata-rata 100 ml itu biasanya hanya digunakan 15 ml dan dipakai dua kali sehari setelah kita gosok gigi.

Jadi secara umum dalam penggunaan yang normal, pemakaian obat kumur untuk personal bisa habis tidak sampai satu minggu.

Atau bahkan bisa lebih cepat dari waktu tersebut jika dipakai bersamaan dengan anggota keluarga yang lainnya.

Baca juga: 4 Manfaat Obat Kumur untuk Membersihkan Berbagai Benda di Rumah 

Di samping itu, khususnya pada obat kumur yang dipakai bersamaan dengan anggota keluarga yang lain, Anastasia menyarankan agar kita lebih memerhatikan soal kebersihannya dari wadah atau tutup botol obat kumur.

Agar obat kumur yang kita pakai khasiatnya tetap efektif dan higienis, maka sebelum digunakan pastikan wadahnya dicuci bersih terlebih dahulu.

"Kalau dipakai seluruh keluarga wadahnya jangan dipakai bareng-bareng. Dibersihkan dulu, lalu digunakan lagi juga tidak apa-apa. Usahakan pakai gelas pribadi untuk mencegah obat kumur terkontaminasi," tutup Anastasia.

Baca juga: Obat Kumur Tak Cukup untuk Cegah Bau Mulut Saat Puasa, Mengapa? 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com