Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khasiat Kolostrum Viral di TikTok, Benarkah Baik bagi Orang Dewasa?

Kompas.com - 12/06/2023, 19:57 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tren kesehatan yang aneh seringkali bermunculan di TikTok secara global.

Baru-baru ini, banyak kreator konten yang menggembar-gemborkan manfaat kolostrum bagi kesehatan.

Menurut data TikTok, sudah lebih dari 191 juta pengguna sudah membicarakan tentang kolostrum beserta manfaatnya jika dikonsumsi orang dewasa.

Lantas apakah cairan pertama yang keluar dari payudara ibu setelah melahirkan benar-benar bermanfaat bagi orang dewasa?

Baca juga: Manfaat Ekstrak Kolostrum untuk Rawat Kulit Bayi 

Fakta manfaat kolostrum bagi orang dewasa

Kolostrum diyakini sangat bermanfaat bagi kesehatan karena dianggap menyehatkan untuk kesehatan pencernaan serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Menurut laman She Knows, kolostrum memang dikemas dengan nutrisi yang baik bahkan manfaatnya dapat melebihi ASI (Air Susu Ibu).

Cairan berwarna kuning pekat ini secara umum berguna untuk bayi karena dapat meningkatkan kekebalan tubuhnya, pencernaan, pertumbuhan dan penting untuk perkembangan bayi setelah dilahirkan.

"Bayi baru lahir membutuhkan protein, karbohidrat dan lipid dari kolostrum. Antibodi dan komponen imunologisnya melindungi bayi dari infeksi," ungkap Dr. Shara Cohen, seorang ilmuwan dan peneliti imunologi sekaligus CEO dari Cancer Care Parcel.

Kolostrum juga biasanya diproduksi ibu melahirkan hingga dua hari setelah persalinan dan kemudian payudara memproduksi ASI.

Namun jika dikonsumsi orang dewasa, kolostrum dari ibu hamil tentu saja bertentangan dengan norma yang berlaku di masyarakat.

Ilustrasi ibu menyusuiUnsplash Ilustrasi ibu menyusui

Tetapi para ahli gizi mempertimbangkan untuk memenuhi kebutuhan itu melalui kolostrum sapi yang biasanya dijual dalam bentuk bubuk.

Kolostrum sapi pun dianggap menjadi salah satu pilihan protein yang potensial dan bagus untuk kesehatan.

"Sifat antiinflamasi kolostrum memiliki manfaat yang baik bila dikonsumsi secara teratur,"

Demikian Sarah Rahal, seorang ahli saraf bersertifikat sekaligus CEO + pendiri ARMRA, produsen kolostrum sapi.

Menurut sebuah studi dari India juga menyebutkan fakta yang sama, bahwa kolostrum sapi memiliki kemiripan dengan kolostrum manusia.

Manfaatnya jika dikonsumsi secara rutin dapat membantu meredakan peradangan, memperkuat respons kekebalan di usus hingga pemulihan otot pasca latihan.

Sebelum viral di TikTok, kolostrum sapi pun sebelumnya sering dimanfaatkan dalam pengobatan alternatif dan fungsional serta dijadikan suplemen dan pengobatan untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu.

Tetapi terkait dengan manfaatnya baru-baru ini, masih diperlukan uji klinis lebih lanjut untuk mengeksplorasi lebih banyak manfaat dari kolostrum bagi orang dewasa.

Baca juga: Bunda, Kenali Manfaat Kolostrum bagi Si Kecil 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com