Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendekati Pemilu, Atribut Calon dan Partai Mulai Tampak di Pusat Perbelanjaan Senen Jaya

Kompas.com - 14/06/2023, 09:03 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com – Persiapan kontestasi pemilihan presiden dan legislatif sudah di depan mata Kemeriahan pesta demokrasi lima tahunan yang digelar kurang dari satu tahun lagi ini pun sudah terasa. Televisi, media sosial, hingga baliho konvensional mulai memajang bendera partai dan bakal calon presiden yang diusung.

Salah satu yang kebagian berkah dari momentum pesta demokrasi 2024 adalah para pelaku industri tekstil dan produk tekstil.

Tahun ini menjadi saat yang tepat bagi partai politik (parpol) dan relawannya untuk berbelanja alat peraga kampanye, demi mengintensifkan kampanye calon anggota legislatif, partai politik, calon gubernur dan wakil gubernur, serta calon presiden dan wakil presiden agar lebih populer dan dikenal masyarakat.

Salah satu tempat yang bisa dituju untuk berbelanja berbagai atribut kampanye itu adalah Pusat Perbelanjaan Senen Jaya di Jakarta Pusat.

Permintaan atribut parpol di Pusat Perbelanjaan Senen Jaya 1&2 mulai meningkat sejak beberapa pekan terakhir.

Manager Pengelola Pusat Perbelanjaan Senen Jaya 1&2, Prismo Juni Prianto mengatakan, implikasi menjelang tahun pemilu sudah terlihat di kios-kios atribut parpol, meskipun belum semuanya. Pesanan datang dari tim sukses baik di Jakarta maupun luar kota.

“Biasanya enam bulan jelang pemilu, tapi ini sudah mulai ada aktivitas. Perlahan pesanan mulai meningkat khususnya bendera, kaos dan umbul-umbul,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (13/6/2023).

Penjualan atribut kampanye Pemilu di Pusat Perbelanjaan Senen Jaya 1 & 2 Penjualan atribut kampanye Pemilu di Pusat Perbelanjaan Senen Jaya 1 & 2
Walaupun baru dibuka bulan Februari 2023 sudah lebih dari 400 pedagang atribut dan aksesoris partai menempati kios-kios di lantai 1 dan 2 Pusat Perbelanjaan Senen Jaya 1&2.

Di gedung baru ini para pedagang merasa lebih nyaman dengan fasilitas yang memadai, area parkir yang cukup luas, kondisi gedung layaknya seperti mall.

Sudah lama pedagang alat peraga kampanye di sini menjadi rujukan tim kampanye parpol. Sudah sejak lama pula para pedagangnya menggantungkan nasib di setiap momen politik tiba.

Salah seorang pedagang atribut partai di Pusat Perbelanjaan Senen Jaya 1&2, Chandra (52), menyebut setiap musim politik, banyak aorang dan tim khusus partai dari berbagai daerah bahkan di luar pulau menghubunginya.

Melalui toko Bangkit Bersama, Chandra menyediakan berbagai macam atribut kampanye partai seperti bendera, kemeja, baju, pernak-pernik untuk name tag, syal, pin, gantungan kunci dan stiker.

“Saya sudah lebih dari 30 tahun jual khusus partai. Saat Pilkada atau Pilpres pasti di sini (Pusat Perbelanjaan Senen Jaya 1&2) yang dituju orang karena paling lengkap, pilihan pedagangnya juga banyak jadi bisa nyocokin harga. Kebanyakan yang order ke saya justru dari luar Jakarta seperti Lampung, Medan, Makassar bahkan Maluku ada,” kata Chandra.

Pedagang lainnya, Justina (34), mengaku saat ini sudah mulai ada pergerakan dari tim politik. Ia menceritakan pemesan di tokonya paling banyak berasal dari Indonesia bagian timur seperti NTB, NTT, Sulawesi, hingga Papua.

“Yang nanya-nanya doang ada. tapi pesanan sudah mulai masuk kok, seperti emblem dan kaos. Kemarin Partai Hanura ditotal-total pesan 10.000 pcs kaos, tapi itu dari tujuh tim sukses ya,” ujarnya.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com