Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Alami Mengecilkan Ukuran Payudara yang Terlalu Besar

Kompas.com - 14/06/2023, 13:25 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagian wanita mungkin merasa terganggu dengan ukuran payudara yang terlalu besar. 

Tidak cuma mempengaruhi tingkat kepercayaan diri, ukuran payudara yang terlalu besar juga kerap dikaitkan dengan rasa nyeri pada bahu dan leher sehingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Kabar baiknya ukuran payudara ini ternyata bisa dikecilkan dengan sejumlah cara alami tanpa operasi.

Baca juga: Kenali 6 Tanda Wanita Memiliki Payudara yang Sehat

Cara alami mengecilkan ukuran payudara

Ada banyak faktor yang dapat memengaruhi ukuran payudara pada wanita. Misalnya genetika, berat badan, perubahan hormon karena kehamilan hingga usia.

Terlepas dari beberapa faktor tersebut, diet hingga mengganti bra yang lebih kecil bisa membantu untuk mengurangi ukurannya yang mengganggu.

Pasalnya sebagian besar payudara terdiri atas komposisi lemak sehingga moderasi pada gaya hidup dapat mengurangi lemak dan pada gilirannya membuat ukuran payudara menjadi lebih kecil.

Berikut beberapa cara alami yang dapat kita coba untuk menyesuaikan ukuran payudara agar tidak terlalu besar, seperti dilansir Medical News Today.

1. Diet yang tepat

Payudara sebagian besar terdiri dari jaringan adiposa atau biasa disebut lemak. Sehingga membakar lemak di area tersebut dapat mengurangi ukurannya.

Mengurangi lemak tubuh pun bisa dipangkas dengan menerapkan diet yang tepat, misalnya diet rendah kalori dan padat nutrisi.

Kita lebih disarankan untuk lebih banyak konsumsi makanan padat nutrisi yang rendah kalori, seperti buah, sayuran, ikan berlemak seperti salmon dan daging tanpa lemak.

Cara ini bisa membantu kita agar tetap merasa kenyang sambil mendukung penurunan berat badan yang sehat.

2. Olahraga

Sama halnya seperti diet, olahraga juga sangat penting untuk menghilangkan sebagian besar lemak tubuh.

Banyak orang keliru karena percaya bahwa latihan yang menargetkan pembakaran lemak di area tertentu bisa membantu mengurangi lemak di area itu.

Misalnya saja push up yang menargetkan pengencangan otot di lengan dan bagian dada. Padahal kuncinya, membakar lemak di seluruh tubuh jauh lebih efektif.

Sejumlah olahraga yang disarankan untuk mengecilkan ukuran payudara meliputi olahraga kardio yang dapat meningkatkan detak jantung untuk membakar lemak secara efektif.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com