BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Miss Mondial

Ikuti 3 Tip Ini agar Tampil Percaya Diri dan Lancar Saat Presentasi Kerja

Kompas.com - 28/06/2023, 18:45 WIB
Anissa DW,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Salah satu momen penting dalam pekerjaan adalah ketika harus mempresentasikan proposal kerja kepada banyak orang, termasuk atasan dan klien. Pasalnya, momen ini bisa menentukan keberhasilan dari pekerjaan yang sedang dipersiapkan.

Namun, sebagian orang ternyata merasa kesulitan berbicara di depan umum. Tak jarang, ketika harus melakukan presentasi, seseorang mengalami gugup berlebih, berbicara terbata-bata, berkeringat lebih banyak, dan lupa terhadap materi yang sudah dipersiapkan.

Untuk mengantisipasinya, kamu bisa melakukan berbagai persiapan jauh-jauh hari sebelum presentasi. Berikut adalah tiga tip yang bisa diterapkan agar tampil percaya diri.

1. Belajar dan latihan yang cukup

Sebelum tampil presentasi, pastikan kamu sudah mempelajari dan menguasai semua materi yang akan disampaikan. Lakukan pula penelitian mendalam tentang topik yang dibahas. Bila perlu, buat daftar berisi poin-poin utama materi presentasi sebagai panduan.

Kemudian, berlatihlah melakukan presentasi beberapa kali. Hal ini dapat membantu kamu lebih lancar dan relaks. Selain itu, dengan latihan yang cukup, kamu juga bisa lebih terhubung dengan audiens.

Agar lebih optimal, kamu bisa berlatih di depan kaca atau di hadapan teman dan minta mereka untuk memberikan masukan.

2. Perhatikan postur tubuh dan cara berbicara

Meski terlihat sepele, postur tubuh dan cara berbicara saat presentasi dapat memengaruhi kepercayaan diri. Sebab, sikap tubuh yang menunjukkan kepercayaan diri akan memberikan kesan positif pada audiens. Tipnya, saat presentasi, coba berdiri tegak dengan bahu terbuka, tatap mata audiens bergantian, dan tersenyum.

Dikutip dari indeed.com, kamu juga bisa berlatih power poses sebelum presentasi untuk meningkatkan rasa percaya diri. Caranya, berdiri di ruang yang cukup luas, kemudian rentangkan lengan dan kaki menjauh dari tubuh.

Jangan lupa juga untuk berbicara dengan percaya diri. Kecepatan saat berbicara bisa memberikan kesan atau penekanan tertentu terhadap hal yang disampaikan. Berbicara lebih lambat, misalnya, memberikan kesempatan bagi audiens untuk memahami pembicaraan.

3. Gunakan pakaian dan perhiasan dengan bijak

Mengenakan pakaian yang nyaman, sesuai dengan suasana, dan bersih dapat meningkatkan rasa percaya diri. Dilansir dari stylerises.com, pakaian yang sesuai dapat membantu memosisikan diri kamu sebagai seorang yang profesional dan kredibel.

Kamu juga bisa mengenakan perhiasan untuk meningkatkan kepercayaan diri. Akan tetapi, pastikan penggunaannya sesuai dengan suasana dan tidak terlalu mencolok. Sebab, perhiasan yang dikenakan dengan bijak bisa memberikan kesan profesional pada keseluruhan penampilan kamu.

Bagi kamu yang ingin mengenakan perhiasan agar tampil lebih percaya diri dan yakni bahwa #ImDifferent, cincin berlian wanita, kalung, atau gelang berlian terbaru dari MONDIAL Dreams dapat menjadi pilihan tepat.

Untuk diketahui, koleksi MONDIAL Dreams terinspirasi dari keinginan kuat seseorang dan kepercayaan dirinya untuk memiliki mimpi besar dan percaya bahwa mimpi tersebut dapat diraih.

MONDIAL Fashion Fancy Tennis Ring. dok. Mondial MONDIAL Fashion Fancy Tennis Ring.

Sama seperti berlian, #MONDIAL percaya bahwa untuk meraih mimpi, seseorang harus menghadapi banyak tekanan (pressure) dan perjalanan panjang untuk menjadi yang paling kuat dan menjadi versi terbaik dari dirinya sendiri.

Semangat yang sama juga menginspirasi kolaborasi antara MONDIAL Dreams dan seniman Naufal Abshar. Kolaborasi ini menghasilkan artwork bergaya kontemporer bertajuk Dreams yang terinspirasi dari koleksi Dreams milik MONDIAL.

Seperti namanya, Dreams merupakan karya seni yang menampilkan makna dari bermimpi. Lewat artwork yang unik dan artistik, kolaborasi tersebut ingin menyampaikan pesan bahwa setiap orang punya personal dreams berbeda yang ingin dicapai.

“Mimpi juga harus tanpa batas, seperti lautan ataupun langit. (Setiap orang) punya big dreams. Karena itu, artwork ini menampilkan sejumlah orang dengan mimpi yang tinggi. Di sini, ada different types of profession, misalnya entrepreneur dan actress,” ujar Naufal dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (21/6/2023).

Naufal menambahkan, Dreams juga menggambarkan tentang setiap orang memiliki mimpi menjadi apa pun, mulai dari mimpi menjadi entrepreneur, artist, wanita karier, hingga having a good life, termasuk mimpi memiliki koleksi MONDIAL sebagai pelengkap kebahagiaan hidup.

Sebagai informasi, artwork hasil kolaborasi dengan Naufal Abshar juga diaplikasikan ke dalam bentuk merchandise, seperti scarf, coaster, pouch, dan tumbler. Berbagai merchandise ini dapat diperoleh para pelanggan yang membeli koleksi MONDIAL Dreams dengan syarat dan ketentuan berlaku.

MONDIAL Dreams sendiri memiliki tujuh koleksi utama. Pertama, ada I Dream of MONDIAL yang memiliki koleksi Fashion Fancy Tennis yang terdiri dari gelang berlian modern, dua cincin emas wanita, dan dua anting-anting berlian unik.

Kedua, MONDIAL X Naufal Abshar. Koleksi ini terdiri dari Regular Timeless Tennis Ring round diamonds dan lima Fancy Timeless Tennis Rings dengan fancy shape diamonds.

Ketiga, ada Fancy Stack Ladies Ring yang hadir dengan lima unique diamond ring, yakni pear shape, round shape, marquise, princess diamond, dan round marquise.

Keempat, Dreams Twist Ladies Ring yang memiliki 17 buah berlian marquise dan satu butir berlian Mondial Excellent Cut (MEC).

MONDIAL Fashion Fancy Tennis Earring.dok. Mondial MONDIAL Fashion Fancy Tennis Earring.

Kelima, Fancy Listring Ladies Ring. Koleksi cincin berlian wanita ini dilengkapi dengan enam signature ring yang masing-masing berhiaskan round baguette, oval, pear shape, baguette, dan marquise diamond.

Keenam, ada Fancy Bezel Tennis Ladies Ring yang memiliki 3 koleksi cincin berhiaskan round, marquise, dan baguette oval diamond.

Ketujuh, ada Dream Fancy Bangle berupa gelang berlian modern yang berhiaskan 53 butir round diamond.

Tak ketinggalan, MONDIAL Dreams juga punya koleksi MONDIAL Dreams Earrings yang terdiri dari enam Dreams Fancy Ear Cuff. Ada juga koleksi MONDIAL Dreams Necklace yang terdiri dari enam Dreams Fancy Pendant plus Chain.

Selain itu, kamu juga bisa memiliki anting-anting emas dari lini Frank Gold. Frank Gold merupakan lini perhiasan emas premium dari CMK yang dibuat menggunakan teknologi Italia terbaru yang cocok dipakai pria dan wanita. Koleksi perhiasan ini punya desain klasik, unik, dan elegan, tetapi trendi serta up to date.

Lini Frank Gold menghadirkan koleksi Geometric Earrings, Geometric Ring Collection, Geometric Bangle Collection, Sleek Twist Collection, Grande Collection, dan Deer Charm Mirror Bracelet.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai #MONDIALDreams dan kolaborasinya bersama Naufal Abshar, silakan kunjungi website resmi dan akun Instagram MONDIAL.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com