Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Dear Bunda, Pahami Pentingnya Stimulasi bagi Perkembangan Anak

Kompas.com - 06/07/2023, 15:02 WIB
Aningtias Jatmika,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.comStimulasi memainkan peran penting dalam perkembangan anak, terlebih dalam periode emas, yakni pada usia 0-5 tahun.

Stimulasi dilakukan untuk merangsang kemampuan kognitif anak, baik dalam bentuk penglihatan, bicara, pendengaran, maupun perabaan.

Seperti diketahui, pada tahun-tahun awal kehidupan anak, terdapat lebih dari satu juta koneksi saraf baru yang terbentuk setiap detik. Koneksi pada otak tersebut bisa memudar apabila tidak rutin digunakan.

Oleh karena itu, stimulasi pada anak sejak dini penting dilakukan. Selain membantu pembentukan saraf baru, stimulasi dapat membantu anak-anak mengembangkan kemampuan sosial, emosional, dan kognitif.

Mainan edukasi dapat menjadi stimulan positif untuk anakDok. PT Aulian Kreasi Gemilang Mainan edukasi dapat menjadi stimulan positif untuk anak

Pentingnya stimulasi bagi anak pun turut dirasakan oleh Eka Mutia Komala. Pasalnya, anak Eka sempat didiagnosis mengalami gangguan keterlambatan bicara (speech delay) pada usia dua tahun.

“Menurut dokter spesialis anak dan psikiatri, speech delay pada anak saya terjadi karena saya kurang memberikan stimulasi. Akibatnya, beberapa poin tumbuh kembang tidak tercapai sesuai dengan usia perkembangannya,” cerita Eka dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (14/6/2023).

Berkaca dari pengalaman itu, Eka bertekad untuk membantu orangtua dalam memberikan stimulus terbaik bagi anak mereka. Hal ini pun dilakukan dengan mendirikan PT Aulian Kreasi Gemilang yang menyediakan alat peraga edukasi sebagai sarana pembelajaran (tools for the future skill).

Orangtua dapat memilih berbagai alat peraga edukasi, mulai dari alat musik, balok, maze, puzzle, hingga stempel, yang sesuai dengan tahap perkembangan anak.

Tak hanya orangtua, alat peraga edukasi tersebut juga dapat digunakan oleh lembaga pendidikan, seperti taman kanak-kanak (TK) atau pendidikan anak usia dini (PAUD).

Melalui PT Aulian Kreasi Gemilang, Eka juga mengajak ibu rumah tangga untuk mendidik anak sekaligus mendukung perekonomian keluarga dengan menjadi reseller, agen, atau distributor PT Aulian Kreasi Gemilang.

Informasi selengkapnya mengenai alat peraga edukasi PT Aulian Kreasi Gemilang dapat Anda temukan pada tautan berikut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com