Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Kebiasaan yang Bikin Lansia Tetap Bugar dan Awet Muda

Kompas.com - 24/07/2023, 07:40 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Yahoo

KOMPAS.com - Seiring bertambahnya usia, tubuh kita akan mengalami penurunan kualitas fungsi yang dapat memengaruhi kebugaran.

Itulah mengapa kita perlu melakukan berbagai hal yang dapat membantu agar tubuh tetap bugar dan tampil awet muda, terutama saat memasuki usia lanjut atau lansia.

Menurut Bill Dorfman, seorang dokter gigi kosmetik berusia 64 tahun yang berbasis di California Selatan, AS, olahraga secara rutin adalah salah satu cara menjaga kebugaran tubuh.

Tiga hari dalam seminggu ia fokus pada latihan otot perut dan kardio, sedangkan hari lainnya untuk mengangkat beban ringan dengan repetisi tinggi.

Dorfman mengaku mulai serius berolahraga setelah jeda selama sekolah kedokteran gigi, ketika ia sering merasa kesakitan.

Saat itu ia menyadari bahwa kebugarannya telah terabaikan setelah bertahun-tahun menjadi perenang dan pesenam di sekolah menengah atas.

"Apa yang saya temukan adalah semakin sering saya berolahraga, semakin baik yang saya rasakan," katanya.

Namun, selain berolahraga, Dorfman juga selalu menjaga pikirannya tetap tajam dan membuat rencana makan malam bersama teman-temannya agar tetap saling terhubung, yang semua mendukung kebugarannya.

Kebiasaan kesehatan Dorfman menggarisbawahi bahwa salah satu kunci untuk hidup lebih lama adalah gabungan dari rejimen kebugaran secara fisik maupun mental dan emosional.

Baca juga: Berpikir seperti Lansia Bisa Bikin Hidup Lebih Bahagia, Benarkah?

"Kita benar-benar perlu melihat kehidupan lansia dengan lensa holistik, apakah mereka benar-benar bahagia, sehat, dan utuh," kata Dor Skuler, salah satu pendiri dan CEO Intuition Robotics dan seorang ahli lansia.

Kebiasaan yang bikin lansia tetap bugar dan awet muda

Lebih lanjut, para ahli pun membagikan beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan agar lansia tetap bugar dan awet muda, seperti yang dilansir dari laman Yahoo berikut ini.

1. Olahraga untuk tubuh dan otak

Tetap aktif secara fisik dapat mencegah cedera dan membantu tubuh pulih lebih cepat ketika cedera terjadi.

Ditambah lagi, hal ini juga sangat terkait dengan kesehatan mental dan fungsi otak yang baik.

Kirk Erickson, direktur Ilmu Saraf Translasi di AdventHealth Central Florida, AS, menemukan, aktivitas fisik merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan otak sepanjang masa pakainya.

Penelitian Erickson menunjukkan, seiring bertambahnya usia, otak akan menyusut, khususnya bagian hipokampus yang bertanggung jawab untuk pembentukan memori.

Olahraga dapat membantu memertahankan bagian otak ini, dan dalam beberapa kasus, meningkatkan ukurannya.

Ada banyak hal yang bisa dipelajari tentang bagaimana dan mengapa hal ini terjadi, namun Erickson mengatakan, efeknya akan lebih baik jika kita melakukan kebiasaan ini lebih lama, jadi ada baiknya untuk memulainya sejak usia muda.

"Tentu saja kita masih bisa mendapatkan manfaatnya jika kita memulainya di kemudian hari," katanya.

"Kita mungkin akan menemukan bahwa seiring berjalannya waktu, kita dapat mengingat kembali ingatan dan informasi dengan lebih mudah dan memiliki fungsi eksekutif yang lebih baik, serta rentang perhatian yang lebih panjang ketika otak dalam kondisi terbaiknya," ungkap Erickson.

Ia pun merekomendasikan olahraga ringan seperti berjalan kaki 5 hari seminggu selama 30 menit.

Baca juga: Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi pada Lansia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com