Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/07/2023, 12:46 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Jatuh cinta merupakan hal romantis yang mendapat banyak perhatian, dan sepatutnya demikian. Peristiwa ini menggembirakan, membuat kita seolah terbang ke awan, dan terkadang membuat kewalahan.

Ada jutaan buku, lagu, film, yang berbicara tentang rasanya jatuh cinta, ketika perut seperti dipenuhi kupu-kupu dan jantung berdetak kencang.

Dijelaskan oleh ahli neuro-psikologi Julia DiGangi PhD, perasaan indah saat jatuh cinta tersebut merupakan kombinasi dari hormon serotonin (yang membuat bahagia dan rasa tenang) serta domapin (hormon kepuasan intens).

"Kedua hormon ini akan membanjiri otak dan tubuh saat kita merasa klik dengan seseorang," kata DiGangi.

Selain itu, hormon stres juga seringkali meningkat karena kita takut kehilangan orang yang telah memberikan otak kita perasaan "terbang tinggi".

Baca juga: 7 Tanda Pasangan Mungkin Sedang Naksir Orang Lain

Cinta seringkali punya arti yang berbeda pada setiap orang. Sehingga kita sering sulit membedakan apakah yang dialami ini perasaan cinta atau hanya naksir, terutama jika kita belum pernah mengalami sebelumnya.

Para pakar hubungan menyebutkan setidaknya ada 5 tanda yang menunjukkan kita mencintai seseorang:

1. Tertarik secara fisik dan emosional
Ketika kita jatuh cinta, kita ingin segalanya tentang si dia. Bukan cuma punya ketertarikan fisik yang sama, tapi kita juga ingin hubungan emosional.

Bila si dia tidak cuma memuji penampilan kita tapi secara tulus bertanya dan ingin tahu opini kita tentang sebuah topik, kemungkinan besar itu adalah cinta.

2. Merasa aman secara emosional
Pada tahap awal sebuah hubungan sangat penting untuk mengenali perasaan kita setelah melakukan pembicaraan yang dalam. Apakah kita bisa terbuka dan jujur dengan si dia? Apakah si dia bisa mendengarkan tanpa menghakimi? Apakah si dia mampu memberikan dukungan? Jika iya, ini adalah tanda ia mencintai kita.

Baca juga: Tom Holland Ungkap Caranya Bikin Zendaya Jatuh Cinta

3. Bisa dipercaya
Rasa percaya memang dibangun perlahan-lahan, namun di tahap awal pun kita bisa mengamati apakah si dia adalah orang yang bisa dipercaya. Apakah omongan si dia bisa kita "pegang"?

4. Selalu memikirkannya
Bila sebelum tidur kita sering memikirkannya, kemudian di pagi saat bangun si dia adalah orang pertama yang ingin kita ajak bicara, ini adalah tanda kita jatuh cinta padanya.

Tanda lain adalah kita juga ingin menghabiskan banyak waktu dengannya karena kita mencintainya.

5. Ingin tahu lebih banyak
Ketika sedang tidak bersamanya kita akan mengirim pesan, menelepon, atau mengintip kegiatannya lewat akun media sosialnya. Pada dasarnya kita ingin tahu lebih banyak tentang dirinya dan seperti apa dunianya.

Baca juga: 5 Zodiak yang Sulit Jatuh Cinta

Walau begitu cobalah untuk menahan diri. Tidak semua orang merasa nyaman untuk berbagi segalanya di awal hubungan. Pelan-pelan cari tahu apa yang penting bagi hubungan yang sedang dibangun, misalnya apa yang membuat masing-masing bisa marah atau cara menyelesaikan masalah.

Dalam hal nilai-nilai inti, seperti cara memperlakukan orang, kejujuran,mengatur uang, dan banyak lagi, kita harus selaras dengan pasangan untuk hubungan cinta yang kokoh.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com