Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Tanda-tanda Tubuh Kena Biduran dan Cara Mengobatinya

Kompas.com - 01/08/2023, 11:43 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber WebMD

Biduran atau urtikaria adalah kondisi kulit yang ditandai dengan munculnya bentol kemerahan seperti ruam yang disertai rasa gatal.

Namun, biduran bukanlah gatal biasa seperti bentol yang disebabkan oleh gigitan nyamuk atau serangga tertentu. Biasanya biduran muncul setelah tubuh dipicu oleh reaksi alergi terhadap faktor pemicu tertentu.

Ketika tubuh terpapar alergen, sistem kekebalan tubuh merespons dengan melepaskan senyawa kimia, terutama histamin, sebagai respons pertahanan. Peningkatan kadar histamin inilah yang menyebabkan gejala karakteristik urtikaria.

Faktor pemicu reaksi alergi itu seperti dari bahan kimia tertentu, sengatan serangga, faktor lingkungan atau cuaca panas maupun dingin, air dan sinar matahari. Tidak hanya itu, makanan tertentu seperti kacang, cokelat, makanan laut, telur, gandum, dan susu juga dapat menjadi penyebab biduran.

Baca juga: Apa Itu Biduran: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Cara Mencegahnya

Berikut gejala-gejala biduran yang membedakan dengan gatal biasa:

  • Bentol memiliki batas yang jelas dengan kulit

Bentol akibat biduran memiliki tepi yang terdefinisi dengan jelas dan tampak berbeda dari kulit sekitarnya.

  • Gatal bisa semakin memburuk saat malam hari

Biduran biasanya menyebabkan rasa gatal, namun rasa gatal itu akan terasa lebih intens dan memburuk pada malam hari atau saat suhu tubuh lebih tinggi.

  • Sensasi terbakar

Saat kulit terkena biduran, kulit akan terasa terbakar atau perih pada daerah kulit yang terkena biduran.

  • Saat ditekan, kulit yang biduran akan berwarna putih 

Saat kulit yang terkena biduran ditekan, bentol dapat berubah menjadi warna putih sementara sebelum kembali merah setelah dilepaskan.

  • Tidak menimbulkan bekas luka

Biduran biasanya tidak meninggalkan bekas luka atau jaringan parut ketika sembuh. Bentol-bentol ini cenderung hilang dengan sendirinya dalam beberapa jam hingga beberapa hari tanpa meninggalkan bekas permanen.

  • Muncul pada malam hari

Biduran atau Urtikaria ini paling sering muncul pada malam atau dini hari setelah orang bangun dari tidur.

Baca juga: Ramai soal Kulit Badan Terasa Gatal dan Panas Mirip Biduran, Apa Penyebabnya?

Meski biduran merupakan jenis penyakit yang bisa hilang dengan sendirinya, namun rasa gatal yang ditimbulkan biasanya membuat seseorang tidak nyaman.

Untuk itu, ada beberapa cara untuk mengatasi biduran, seperti mengonsumsi antihistamin, atau menggunakan losion calamine.

Ada pula cara alami untuk mengatasi biduran, seperti memanfaatkan oatmeal. Makanan yang juga baik untuk menurunkan berat badan ini memiliki sifat anti-inflamasi. 

Baca juga: Jaga Kesehatan Kulit dengan Mandi Oatmeal, Mau?

Cara menggunakan oatmeal untuk meredakan biduran adalah dengan mencampurkan 1,5 gelas colloidal oatmeal ke bak mandi yang telah diisi air, kemudian rendam tubuh selama 15 menit.

Agar hasilnya baik, jangan gunakan air yang terlalu panas karena panas dapat memicu gatal. Selain itu, usahakan jangan menggaruk kulit yang gatal.

Selain oatmeal, lidah buaya yang juga memiliki anti-inflamasi bisa dipakai untuk mengobat biduran. Caranya dengan menggosokan cairan lidah buaya pada kulit yang biduran beberapa kali sehari.

Namun, pastikan bahwa tidak ada alergi terhadap bahan-bahan tersebut. Jika gejala masih terasa jangan ragu untuk menghubungi dokter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com