Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/08/2023, 08:20 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber

 


KOMPAS.com - Hampir semua orang punya bagian tubuh yang ingin diubah, salah satunya adalah mengurangi lemak di bagian pipi yang membuat wajah terlihat bulat atau tembam.

Sebenarnya bentuk wajah kita dipengaruhi oleh banyak hal, termasuk faktor genetik dan berat badan keseluruhan.

"Jika kamu merasa wajah terlihat lebih bulat dari yang diinginkan dan ingin mengurangi lemaknya, maka kamu perlu menurunkan berat badan di seluruh bagian tubuh," kata ahli gizi dan penulis buku Jessica Cording.

Hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang menyebut bahwa diet saja bisa mengurangi lemak di wajah.

"Konsep yang menyebut kita bisa mengurangi lemak di bagian tubuh tertentu saja, misalnya di lengan atau wajah, adalah menyesatkan. Tetapi, penurunan berat badan secara keseluruhan bisa membuat tampilan wajah lebih tirus," kata ahli gizi Gina Keatley.

Faktor lain yang juga berpengaruh membuat pipi terlihat tembam adalah konsumsi obat, asupan garam, pola makan secara umum, serta ada tidaknya masalah kesehatan.

Memang ada berbagai perawatan di klinik kecantikan yang ditujukan untuk membakar lemak di area tubuh yang ditargetkan. Namun, perawatan itu pun tidak bisa dilakukan satu kali dan butuh biaya tidak murah.

Itu sebabnya menurunkan berat badan secara keseluruhan bisa jadi cara untuk mengubah tampilan wajah agar tidak terlalu tembam dan bulat.

Baca juga: Tak Perlu Oplas, Ini Tiga Prosedur di Klinik agar Wajah Tirus

"Penurunan berat badan bisa membuat pipi jadi tidak terlalu penuh. Tapi ini bukan jaminan karena tiap orang berbeda," kata Cording.

Untuk mendapatkan penurunan berat badan yang sehat, perhatikan pola makan. Selain mengonsumsi kalori lebih sedikit dibanding yang akan dibakar, cek juga jenis asupannya.

Konsumsi lebih banyak serat seperti sayuran, buah, atau pun karbohidrat kompleks untuk membuat perut lebih kenyang dan mengurangi kembung.

Tak ketinggalan untuk mengurangi asupan garam karena bisa menyebabkan retensi cairan sehingga wajah pun jadi tampak sembab.

Baca juga: Mengenal Buccal Fat Removal, Bisa Bikin Pipi Tirus?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com