Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JF3 Food Festival 2023, Ada Kuliner Legendaris hingga Jajanan Kekinian

Kompas.com - 06/08/2023, 12:43 WIB
Dinno Baskoro,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - JF3 Food Festival kembali digelar pada tanggal 3 Agustus hingga 3 September 2023 di La Piazza, Summarecon Mall Kelapa Gading, Jakarta.

Penyelenggaranya yang ke 18 ini menghadirkan berbagai kuliner Nusantara sekaligus aneka jajanan kekinian yang wajib dicicipi warga Jakarta dan sekitarnya.

Ada dua program utama yang dihadirkan yaitu Kampoeng Tempo Doeloe (KTD) sekaligus Wonderful Culinary Expo (WCE) dengan mengusung tema #JelajahKulinerNusantara.

"Melalui KTD kami mengajak seluruh pihak untuk terus mengenal, menikmati, mencintai dan mendukung keberlangsungan pemberdayaan UMKM lokal khususnya di industri kuliner Indonesia sehingga warisan kuliner nusantara tetap lestari hingga lintas generasi," ujar Chairman JF3, Soegianto Nagaria di Jakarta.

Baca juga: JF3 Food Festival Hadirkan 500 Kuliner Nusantara, Pengunjung: Makanannya Enak dan Unik 

KTD menghadirkan lebih dari 600 menu Indonesia dari 100 tenant terpilih yang berasal dari berbagai daerah, mulai dari Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, hingga Sulawesi.

Di kuliner Nusantara sendiri, ada 10 menu legendaris yang warungnya sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu.

Beberapa di antaranya, Otak - Otak Binatu An, Pisang Goreng Madu & Rumah Jajan Bu Nanik, Se’i Sapi Lamalera, Pukis Telur Kampung Sumber Rejeki, Nasi Empal Bu Marie, Waroeng Kopi dan Roti Panggang TUNG TAU sejak 1938, Bubur Ikan Pontianak Ango, Es Podeng DAPLUN, Sop Konro Karebosi & Coto Makassar, dan Bakso Ikan Telur Asin Ahan.

Kuliner legendaris ini dipilih berdasarkan riset dan kurasi yang dilakukan oleh tim KTD, dengan beberapa kriteria diantaranya adalah nilai legendaris, bersejarah dan kepopuleran menu dari masing-masing daerah asalnya.

Kuliner legendaris hingga jajanan kekinian di JF3 Food Festival 2023Dok. JF3 Food Festival Kuliner legendaris hingga jajanan kekinian di JF3 Food Festival 2023

Sementara itu, berbagai jajanan kekinian yang hadir di antaranya adalah Bagonar, ubi bulat, bakpao kekinian, Es Goyang Kenangan, hingga Seblak Coet yang belakangan viral di media sosial.

"Tahun ini berbeda, kami kurasi sampai dilihat cara masaknya juga, cara penyajian bagaimana, kemudian kami undang untuk bisa hadir di sini," ujar Soegianto kepada Kompas.com.

WCE yang hadir juga tak kalah menarik. Berlokasi di area yang sama, WCE menghadirkan beragam kopi-kopi kurasi terbaik Nusantara, seperti kopi Gayo, Toraja, Jawa, Flores, Bali, dan Papua.

KTD juga bekerja sama dengan Strada Coffee untuk mengolah biji kopi menggunakan standar internasional bersertifikasi sehingga rasa dan kualitasnya tak kalah kopi import.

Tak hanya kopi, hadir pula beragam cokelat, keju dan makanan lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

Baca juga: Telusuri Lezatnya Kuliner Nusantara di Kampoeng Tempo Doloe 2022 

Berdasarkan pantauan Kompas.com, penyelenggaraan JF3 Food Festival kali ini disuguhkan lebih menarik.

Nuansa saat malam hari dilengkapi dengan penerangan lampu gantung berwarna kuning mirip seperti kafe-kafe kinian.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com