Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejauh Mata Memandang Rilis 7 Koleksi “Rimba”

Kompas.com - 11/08/2023, 10:34 WIB
Putri Aulia,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Merek lokal, Sejauh Mata Memandang meluncurkan koleksi terbarunya dengan tema “Rimba” pada Kamis (8/11/2023).

Brand yang memiliki karya busana dengan ciri khas Nusantara ini, merilis koleksi yang terinspirasi dari ekosistem Gunung Leuser di Aceh Timur, Sumatera Utara.

Pendiri dan Direktur Kreatif Sejauh Mata Memandang, Chitra Subiyakto mengatakan koleksi ini bercorak keanekaragaman flora dan fauna serta keadaan restorasi hutan Leuser.

"Akhirnya kembali saya bilang ingin bikin kain yang menceritakan tentang Leuser dalam satu kain, ada 4 binatang yang masih bisa hidup berdampingan ada badak, harimau, gajah, dan orang utan," ujar Chitra.

Baca juga: Taman Nasional Gunung Leuser: Sejarah, Flora dan Fauna, hingga Tempat Wisata di Dalamnya

Koleksi Rimba Sejauh Mata MemangdangPutri Aulia/Kompas.com Koleksi Rimba Sejauh Mata Memangdang

Dalam mewujudkan koleksi kali ini, Sejauh Mata Memandang menggandeng Yayasan Hutan, Alam dan Lingkungan Aceh (HAkA) untuk mengetahui lebih dalam soal hutan Leuser serta mewujudkan upaya restorasi hutan.

Koleksi Rimba memiliki tiga warna, yaitu hijau, putih dan hitam yang dibuat dengan material tencel.

Bahan tencel sendiri terbuat dari serat Lyocell yang diproduksi menggunakan pelarut organik yang ramah lingkungan.

"Hijau menceritakan hutan, warna favoritku juga hijau, kalau hitam personal aja, kalau putih gambarin gajah keliatan, aku mau ada warna sedikit, putih juga nggak memerlukan warna atau air yang banyak," ujar Chitra.

Baca juga: Menikmati Kudapan Khas Indonesia Lewat Koleksi Sejauh Mata Memandang

Koleksi Rimba Sejauh Mata MemangdangPutri Aulia/Kompas.com Koleksi Rimba Sejauh Mata Memangdang

Tak hanya itu, Sejauh Mata Memandang juga menggunakan pewarnaan bersertifikat OEKO-TEX STANDARD 100. Sertifikasi ini merupakan pengujian produk tekstil untuk keamanan dan keberlanjutan. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa produk tekstil yang dites telah diuji untuk zat berbahaya dan aman bagi kesehatan manusia.

Koleksi Rimba dibuat terbatas dengan dibanderol Rp 850 ribu - Rp 2,25 juta. Koleksi Rimba bisa didapatkan melalui website Sejauh.com dan di Dia.Lo.Gue Menteng, Jakarta Selatan.

Sepanjang perjalanan Sejauh Mata Memandang, brand lokal yang telah berdiri sejak 2014 ini selalu berupaya untuk menciptakan produk yang terinspirasi dari keindahan alam dan keragaman budaya Indonesia.

Baca juga: Belajar Praktik Slow Living bersama Sejauh Mata Memandang, Mau?

Tak hanya memikirkan soal produksi yang indah, Sejauh Mata Memandang juga ingin berdampak baik untuk lingkungan dengan menciptakan produk yang tak hanya indah namun juga berasal dari bahan positif alami.

Mereka bahkan mendorong kegiatan daur ulang pakaian, memberikan edukasi dan program pelatihan upaya mengurangi emisi karbon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com