Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Alasan Mengapa Apel Baik untuk Kesehatan Tubuh

Kompas.com - 12/08/2023, 19:08 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apel adalah salah satu buah yang kaya akan nutrisi dan memiliki beberapa manfaat yang baik bagi kesehatan. Apel sendiri mengandung sekitar 60 kalori per buah.

Kita bisa mendapatkan manfaat dari apel jika memakannya secara utuh dan tidak dikupas. Biasanya, jus sari buah apel dan saus apel tidak begitu sehat karena proses memasak dan mengolah apel akan menghilangkan nutrisinya.

Meski begitu, berbagai jenis apel dapat memiliki sedikit perbedaan dalam kandungan nutrisinya. Misalnya apel merah yang memiliki kulit merah gelapternyata mengandung lebih banyak antioksidan.

Tetapi semua apel sarat dengan nutrisi, termasuk:

  • Antioksidan: Kulit apel kaya akan antioksidan. Nutrisi ini ditemukan dalam makanan yang sangat berpigmen, termasuk buah jeruk, buah beri, teh hijau, dan anggur merah.
  • Serat: Apel adalah sumber serat yang baik. Ini dapat membantu pencernaan.
  • Air: Apel mengandung sekitar 85 persen air, menjadikannya camilan yang menghidrasi.

Baca juga: Bagaimana Memilih Apel yang Baik untuk Kesehatan?

Manfaat kesehatan dari apel

Menstabilkan gula darah

Ketika kita makan makanan olahan yang mengandung gula, jumlah glukosa atau gula dalam darah akan melonjak. Kadar glukosa yang tinggi dari waktu ke waktu dapat menyebabkan diabetes tipe 2.

Kabar baiknya, makan lebih dari satu apel sehari memiliki kemungkinan 28 persen lebih kecil terkena diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang tidak makan apel sama sekali.

Tak hanya itu, antioksidan yang terdapat pada apel bisa melindungi pankreas dari kerusakan. Pankreas sendiri memproduksi insulin untuk menghilangkan glukosa dari darah.

Selain itu, serat yang juga terkandung dalam apel bisa memperlambat penyerapan glukosa ke dalam aliran darah.

Menurunkan kolesterol

Kolesterol yang tinggi merupakan faktor utama timbulnya penyakit jantung. Hal ini karena kolesterol menyumbat arteri dan membatasi aliran darah ke jantung.

Antioksidan dan serat dalam apel bisa membantu menurunkan kolesterol yang tinggi. Jenis serat yang menonjol di sini adalah pektin yang mengikat kolesterol dalam saluran pencernaan dan mengeluarkannya.

Beberapa penelitian menunjukan beberapa orang dengan kolesterol tinggi yang mengonsumsi beberapa buah apel setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol total sekitar lima persen hingga delapan persen.

Cobalah satu porsi harian 3 ons apel. Ini akan mengurangi kolesterol total sebanyak 13 persen.

Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah yang tinggi merupakan penyebab utama stroke dan serangan jantung. Sebuah penelitian di Australia menunjukkan, makan apel bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Peneliti berpendapat, antioksidan dalam kulit apel membantu aliran darah Anda mengalir dengan lancar.

Baca juga: Lebih Sehat Mana, Apel Hijau atau Apel Merah?

Meredakan peradangan

Peradangan adalah salah satu cara tubuh kita melawan infeksi dan menyembuhkan jaringan yang rusak. Tetapi peradangan seharusnya hanya berlangsung dalam waktu singkat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com