Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Negara Paling Aman di Dunia, Ada Singapura dan Jepang

Kompas.com - 13/08/2023, 14:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Daftar negara dengan tingkat kedamaian dan keamanan tertinggi di dunia kembali diungkap melalui indeks perdamaian global (The Global Peace Index).

Indeks yang dibuat Institute for Economics and Peace ini mencakup lebih dari 99 persen populasi dunia dan menggunakan indikator khusus, serta sumber-sumber terpercaya.

Dalam prosesnya, indeks ini juga memperhitungkan keselamatan maupun keamanan masyarakat, konflik domestik dan internasional, serta tingkat militerisasi.

Nah, berikut ini adalah 10 negara paling aman di dunia, termasuk yang menjaga kedamaian dan keselamatan penduduknya.

Baca juga: Rahasia Finlandia Bisa Jadi Rumah Orang-orang Paling Bahagia di Dunia

1. Islandia

Selama 14 tahun, Islandia telah menjadi negara teraman dan paling damai di dunia.

Alasan utama negara Nordik ini memiliki lingkungan yang aman adalah jumlah penduduknya yang sedikit dengan standar hidup yang tinggi.

Kurangnya ketegangan antar kelas sosial, dan tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap kepolisian, menjadi indikator yang baik di negeri ini.

Selain itu, Islandia juga melindungi kesetaraan di antara warganya dan tidak memiliki militer.

2. Denmark

Keramaian warga di perlintasan sepeda di Strandvejen -sebuah jalan sepanjang tak kurang dari 7 kilometer yang membentang dari utara ke selatan di kawasan Hellerup, sisi timur Kota Kopenhagen, pada Senin pagi (30/5/2022). Kopenhagen dikenal sebagai kota sepeda dunia yang menawarkan kenyamanan dan keamanan bagi para pesepedanya. Ada tak kurang dari 380 kilometer jalur khusus sepeda di Kopenhagen, yang memungkinkan warganya menjadikan sepeda sebagai moda transportasi utama.KOMPAS.com/GLORI K WADRIANTO Keramaian warga di perlintasan sepeda di Strandvejen -sebuah jalan sepanjang tak kurang dari 7 kilometer yang membentang dari utara ke selatan di kawasan Hellerup, sisi timur Kota Kopenhagen, pada Senin pagi (30/5/2022). Kopenhagen dikenal sebagai kota sepeda dunia yang menawarkan kenyamanan dan keamanan bagi para pesepedanya. Ada tak kurang dari 380 kilometer jalur khusus sepeda di Kopenhagen, yang memungkinkan warganya menjadikan sepeda sebagai moda transportasi utama.

Denmark bukan hanya negara teraman kedua di dunia, tapi juga negara yang paling bahagia.

Negara di Eropa ini unggul dalam menyediakan tempat yang aman dan adil bagi penduduknya, serta menyediakan pendidikan tinggi dan perawatan kesehatan secara gratis.

Masyarakat Denmark juga menikmati pemerintahan yang bebas korupsi dan menjadikan keamanan sebagai prioritas utama.

Baca juga: 10 Kota Paling Bahagia di Dunia

Hanya ada sedikit kejahatan di negara ini, karena intervensi dan pencegahan dini merupakan faktor utama.

3. Irlandia

Irlandia menempati posisi ketiga sebagai negara teraman di dunia, yang merupakan peningkatan yang signifikan dari sebelumnya di posisi ke-11.

Di negara ini memang masih terjadi beberapa kejahatan, seperti pencopetan di daerah wisata atau perkelahian di bar karena pengaruh alkohol.

Namun demikian, Irlandia masih memiliki tingkat kriminalitas yang sangat rendah dibandingkan dengan negara lain.

Di samping itu, Irlandia juga memiliki tingkat ancaman dari terorisme, korupsi politik, dan kekerasan budaya yang rendah.

Lalu, penduduknya pun menikmati kebebasan finansial dan kualitas hidup yang tinggi.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com