Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/08/2023, 08:32 WIB
Glori K. Wadrianto

Penulis

KOMPAS.com - Hari masih pagi. Jarum jam belum tepat menunjukkan pukul 06.00. Namun sudah terlihat keramaian di pelataran parkir tak jauh dari Theater IMAX Keong Emas, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Minggu (23/8/2023).

Dua ondel-ondel dengan sederet booth bertema Brompton -sepeda lipat asal Inggris, menyambut kedatangan ratusan pesepeda Brompton, yang pagi itu tampil berbeda.

"Kalo dilihat, bajunya bener-bener beragam, ada yang pake baju adat, ada yang pake seragam, ada yang pake kebaya, halo pagi tante."

Baca juga: Lomba Balap Sepeda Brompton di Jakarta, Apa Komentar Anies Baswedan?

Saat suara keras itu terdengar melalui loudspeaker, sedang melintas sekelompok pesepeda wanita yang mengenakan kebaya merah marun.

Mereka mengenakan celana putih, lengkap dengan perlengkapan helm, dan tentu saja sepeda Brompton yang berwarna-warni.

Lalu, tak jauh dari mereka, ada pula sekelompok Bromptoner -sebutan untuk pengguna Brompton, yang memakai seragam olahraga sekolah dasar berwarna hijau-kuning.

Ada pula yang kompak memakai seragam SD putih merah, baju pejuang 45, kostum tema Mario Bros, batik, dan beberapa tema lainnya.

Mereka datang berkelompok, karena memang ajang gowes Brompton Three Peaks 2023 ini mensyaratkan setiap kelompok terdiri dari lima orang.

Berdasarkan keterangan penyelenggara acara, acara tahunan yang untuk kedua kalinya digelar di Indonesia ini, diikuti oleh 135 peserta.

Baca juga: Three Peaks Challenge, Lomba Balap Sepeda Brompton Digelar di Jakarta

Ketika bendera start dikibarkan pada pukul 07.00, setiap kelompok harus bergegas menyelesaikan sembilan tantangan, di sembilan check point yang tersebar di kawasan TMII.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com