Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orisinalitas hingga Solusi, Kunci Sukses Brand Lokal

Kompas.com - 15/08/2023, 19:03 WIB
Dinno Baskoro,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di tengah persaingan bisnis global yang semakin kompetitif, brand lokal memiliki harapan besar untuk meraih kesuksesan di Tanah Air.

Eksistensi brand lokal bukan hanya bicara tentang produk atau layanan yang ditawarkan, melainkan tentang kreativitas, kontribusi nyata pada komunitas hingga ekonomi di daerah tersebut.

Maka dari itu, brand lokal setidaknya perlu menerapkan sejumlah upaya agar memiliki identitas sendiri yang mencakup nilai-nilai, cerita unik, dan ciri khas yang membedakan mereka dari pesaing.

Arto Biantoro, selaku aktivis brand lokal mengatakan, ada beberapa hal yang menjadi kunci sukses brand lokal untuk bisa bersaing di pasar negeri sendiri.

Kata dia, kuncinya adalah membangun identitas yang orisinal, memperkuat kolaborasi hingga memiliki tujuan jangka panjang dalam membangun basis pelanggan.

"Membangun identitas yang orisinal penting, misalnya dengan menjadi official store di e-commerce, memenuhi perizinan dan sertifikasi produk sesuai aturan pemerintah sehingga dapat membangun kepercayaan dan memengaruhi proses pengambilan keputusan berbelanja."

Demikian Arto menjelaskan dalam konferensi pers Pejuang Lokal #TakGentarCekOutSekarang yang digelar Blibli di Jakarta, baru-baru ini.

Baca juga: Padu Padan Busana Pria Pakai Brand Lokal agar Tampil Trendi 

Membangun orisinalitas

Orisinalitas merupakan salah satu kunci awal yang mampu membuka pintu menuju pengakuan dan kesuksesan bagi brand lokal.

Dalam persaingan di pasar lokal, brand-brand lokal perlu mampu menemukan cara unik untuk membedakan diri mereka dan membangun citra yang kuat di hati konsumen.

Orisinalitas dalam konteks brand lokal dapat dimulai dengan memahami secara mendalam budaya, sejarah, dan ciri khas daerah asal mereka.

Para brand lokal ini diharapkan bisa menyelaraskan diri dengan identitas lokal dan mewujudkannya dalam produk, desain, atau pengalaman konsumen yang membantu brand menjadi lebih autentik dan relevan.

"Sangat sulit membangun orisinalitas bukan karena kita enggak bisa, tapi banyak sekali wirausaha yang masih di level belajar."

"Karena untuk bisa sukses, wirausaha itu perlu menjadi kreator untuk bisa mendorong dan memberikan 'narasi' dari brand itu sendiri," papar Arto.

Belum lagi dengan kekayaan warisan budaya di setiap daerah yang semestinya bisa dijadikan tonggak untuk membentuk orisinalitas.

Hal itu termasuk salah satu "modal" untuk terus digali, menemukan hal menarik dari daerah sekitar agar setiap produknya memiliki ciri khas tersendiri.

Konferensi pers Blibli pejuang lokal di JakartaKOMPAS.COM / DINNO BASKORO Konferensi pers Blibli pejuang lokal di Jakarta

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com