Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reopening Butik Mondial Summarecon Mall Serpong, Hadirkan Lebih Banyak Pilihan Berlian

Kompas.com - 16/08/2023, 15:20 WIB
Wisnubrata

Editor

 

KOMPAS.com - Membeli perhiasan, terutama berlian, bisa dibilang gampang-gampang susah. Bila kita tidak terlalu mengerti soal batu mulia, bisa jadi kita keliru membeli berlian bermutu rendah, palsu, atau berlian buatan laboratorium yang tidak diperoleh dari alam.

Apalagi bila kita memasuki toko yang tidak memiliki koleksi lengkap sehingga pilihannya terbatas. Bukan tidak mungkin pilihan terbaik di toko itu adalah berlian yang kualitasnya jauh di bawah toko lain.

Salah satu cara agar kita mendapatkan barang yang bagus adalah dengan memahami karakter berlian agar tidak "tertipu" bujuk rayu penjual, atau membeli di toko terpercaya yang menyediakan sertifikat dan garansi.

Dua hal penting tersebut ditekankan oleh Mondial, saat membuka kembali butiknya yang berada di Summarecon Mall Serpong, Selasa (15/8/2023).

Brand perhiasan yang menjadi bagian dari Central Mega Kencana (CMK) itu merenovasi tokonya agar memudahkan para pembeli memahami soal berlian yang akan dipilih, sekaligus menyediakan berbagai pilihan perhiasan berlian sesuai keinginan pelanggan.

Cincin berlian koleksi dari Mondial dapat dijadikan hadiah anniversary.Dok. Mondial Cincin berlian koleksi dari Mondial dapat dijadikan hadiah anniversary.
Di toko ini Mondial menghadirkan pilihan berlian mulai dari MEC Ultimate, Light of Mondial, Brilliant Rose, FireMark, dan De Beers Forevermark.

Setiap branded diamonds tersebut memiliki ciri tersendiri yang koleksinya ditempatkan pada showcase masing-masing sehingga memudahkan pelanggan untuk memilih perhiasan sesuai dengan kebutuhannya.

MEC (Mondial Excellent Cut) Ultimate misalnya, adalah koleksi berlian telah melampaui standar penilaian 4C triple excellent dari GIA yang kemudian disortir ulang melalui serangkaian penilaian kualitas berlian yang lebih spesifik menggunakan 49 parameter (kriteria).

"Berlian yang lolos standar penilaian 4C triple excellent dari GIA itu hanya 4%. Dari yang lolos, Mondial menyortir kembali menggunakan 49 parameter untuk mendapatkan yang terbaik, yakni 1% saja dari 4%, sehingga didapatkan berlian yang berkualitas tinggi," ujar Reopening Butik Mondial Summarecon Mall Serpong, Hadirkan Lebih Banyak Pilihan Berlian, saat reopening butik.

Sedangkan Brilliant Rose adalah brand berlian yang memiliki keunikan berbeda, yakni dalam hal potongan atau cutting. Bila kebanyakan berlian dipotong memiliki 58 facet untuk menghasilkan pantulan cahaya optimum, berlian dari Brilliant Rose dipotong dalam 66 facet.

Seperti diketahui, nilai berlian kerap ditentukan oleh 4C – Cut (potongan), Colour (warna), Clarity (kejernihan) dan Carat (ukuran). Nah, rahasia di balik daya pikat Brilliant Rose adalah tambahan 8 facet yang diatur geometrinya secara presisi untuk menghasilkan kecemerlangan lebih.

"Mondial adalah satu-satunya tempat di Indonesia yang menjual berlian dari Brilliant Rose," ujar Leslie.

Lalu bagaimana cara memilih yang terbaik bila ada begitu banyak pilihan?

Menurut Leslie, semua tergantung pada kesukaan masing-masing orang. Ada yang suka berlian yang lebih cemerlang, ada yang menyukai potongan tertentu (fancy shape), atau warna tertentu (fancy color).

Bila pembeli masih ragu dan ingin mendalami keunggulan masing-masing brand, di toko ini Mondial menghadirkan teknologi High-Definition Diamond Journey Monitor, yang menunjukkan diamond journey yang dimiliki Mondial.

Leslie Christian Saputra, General Manager Mondial, memberi penjelasan soal berlian di Butik Mondial Summarecon Mall SerpongKompas.com/Wisnubrata Leslie Christian Saputra, General Manager Mondial, memberi penjelasan soal berlian di Butik Mondial Summarecon Mall Serpong
Lewat layar ini, pelanggan bisa mempelajari lebih jauh soal berlian, mulai dari bagaimana batu permata ini terbentuk di kerak Bumi dan ditambang, sampai dibentuk menghasilkan berlian dengan berbagai kualitas.

"Penjelasan visual ini lebih mudah dipahami daripada sekedar penjelasan lewat kata-kata, dan tentunya akan mempermudah pelanggan untuk menimbang mana yang ingin dibelinya," jelas Leslie.

Selain itu, mengikuti standar quality control (QC) yang ketat dari CMK Lab, koleksi perhiasan emas dan berlian yang ditawarkan Mondial dijamin keasliannya. Tiap perhiasan berlian yang ditawarkan pun menggunakan berlian yang ditambang secara etis dan bebas dari konflik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com