Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Memakai Retinol Pertama Kali? Ketahui Dulu Tips ini

Kompas.com - 21/08/2023, 11:28 WIB
Putri Aulia,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pernah dengar soal kehebatan retinol? Namun, apakah kamu benar-benar tahu apa itu retinol dan apa kegunaannya?

Retinol memang disebut memiliki kemampuan mengurangi pigmentasi yang membuat kulit wajah belang, membantu menyembuhkan jerawat, serta mengaburkan garis-garis halus dan kerutan.

Meskipun manfaatnya begitu banyak, memilih serum retinol yang cocok untuk kulit kita bisa menjadi tugas yang rumit. Selain itu, mengetahui cara terbaik untuk menggunakannya juga bisa menjadi tantangan tersendiri.

Baca juga: Melawan Tanda Penuaan dengan Retinol

Retinol

Retinol adalah jenis retinoid, turunan dari vitamin A yang bisa membantu mencegah penuaan dini. Retinol memiliki kemampuan untuk meningkatkan pergantian sel dan produksi kolagen.

Lalu bagaimana retinol bekerja di dalam kulit?

Kulit yang lebih muda biasanya berganti sel setiap 4-6 minggu sekali. Namun, seiring orang semakin tua, hal ini bisa memakan waktu hingga 12 minggu.

Retinol membantu untuk mempercepat pergantian sel yang lambat. Ini artinya, sel-sel baru bisa tumbuh lebih cepat melalui kulit dan lapisan kulit mati di permukaan bisa lebih mudah terkelupas secara alami.

Proses ini mendorong sel-sel yang lebih segar dan lembut naik ke permukaan kulit. Hasilnya, kulit bisa tetap terhidrasi, bersinar, bebas dari bintik-bintik, dan lebih sulit bagi jerawat untuk muncul.

Selain itu, ini juga membantu produk perawatan kulit lainnya diserap dengan lebih baik oleh kulit.

Baca juga: Penumpukan Sel Kulit Mati Sebabkan Wajah Kusam, Ini Solusinya

Berikut sejumlah manfaat dari retinol.

  • Mengurangi keriput: Retinol bukan hanya meratakan garis-garis halus dan keriput yang sudah ada, tetapi juga menghambat timbulnya keriput baru.
  • Mencerahkan kulit kusam: Retinol membantu kulit mengelupas secara perlahan, menunjukkan kulit yang lebih cerah, lembut, dan segar.
  • Bantu lawan jerawat: Retinol bukan hanya mengendalikan minyak berlebih di kulit, tetapi juga mencegah pori-pori tersumbat, sehingga jumlah komedo dan jerawat dapat berkurang.
  • Redakan bintik hitam: Lama kelamaan, retinol akan membuat warna kulit lebih merata, mengurangi bintik-bintik akibat paparan matahari, bekas jerawat, serta area gelap pada kulit.
  • Perbaiki tekstur kulit: Kulit akan terasa lebih elastis, terstruktur, dan kuat ketika produksi kolagen meningkat. Selain itu, sel-sel kulit bagian atas akan lebih cepat diperbarui.
  • Atasi dampak sinar matahari: Antioksidan dalam retinol membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar matahari, seperti mengurangi flek hitam yang disebabkan oleh paparan UV.

Hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam penggunaan retinol

Hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam penggunaan retinol yang pertama adalah pastikan memilih level kekuatan yang tepat.

Misalnya, cobalah gunakan kandungan retinyl palmitate jika memiliki kulit yang sensitif. Sementara, untuk kulit normal dan berminyak cobalah gunakan kandungan retinol adapalene atau differin.

Selain itu, saat penggunaan retinol dalam rangkaian perawatan kulit, jangan menggunakan produk keras lainnya, seperti produk jerawat, asam, atau pengelupasan di wajah. Hal ini bisa membuat kulit iritasi atau terbakar.

Penggunaan retinol juga memiliki batasan. Artinya, kita tidak disarankan untuk menggunakannya terlalu sering. Penggunaan retinol juga sebaiknya bertahap bagi pemula.

Baca juga: Apakah Retinol Bisa Dipakai Setiap Hari? Simak Panduannya bagi Pemula…

Gunakan setetes serum sebanyak satu kali per minggu selama satu minggu, dua kali per minggu selama dua minggu, tiga kali per minggu selama tiga minggu, kemudian setiap malam ketika kita merasa tak ada reaksi mengganggu pada kulit.

Selain itu, jangan melupakan penggunaan sunscreen. Retinoid bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Ini dapat menyebabkan kulit terbakar atau perubahan warna. Jadi, pastikan untuk menggunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih setiap pagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com