Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaya Parenting Strict ala Jennifer Bachdim Siapkan Anak Jadi Mandiri

Kompas.com - 21/08/2023, 17:43 WIB
Dinno Baskoro,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Pola asuh atau gaya parenting artis sekaligus influencer kebugaran, Jennifer Bachdim, sering mendapat pujian dari warganet. Bagaimana tidak, istri dari pesepakbola Irfan Bachdim ini mengerjakan semua hal sendiri namun keempat anaknya terlihat mandiri.

Jennifer mengakui bahwa ia adalah seorang ibu yang tegas karena dia tidak memiliki bantuan asisten rumah tangga atau pun pengasuh anak.

"Bisa dibilang aku itu strict mom ya. Tapi saya mencoba membuatnya jadi lebih menyenangkan," kata Jennifer Bachdim saat ditemui di kawasan Ancol, Jakarta Utara, baru-baru ini.

Baca juga: Viral Video Jennifer Bachdim Kelelahan Mengasuh Anak, Ini Pesan di Baliknya 

Gaya parenting yang ia anut memiliki pendekatan mendidik anak dengan berbagai aturan dan batasan yang tegas.

Orangtua yang menerapkan gaya parenting strict ini umumnya memiliki harapan tinggi terhadap perilaku, prestasi, dan kedisiplinan anak-anak mereka.

Orangtua juga cenderung memegang teguh pada aturan, seringkali dengan konsekuensi yang jelas jika anak melanggarnya.

Tapi, Jennifer Bachdim sepertinya memodifikasi gaya parenting strict menjadi lebih menyenangkan. Anak-anak dan suami pun  bisa diajak bekerja sama dengan baik dalam membantunya mengurus rumah tangga.

Terutama pada pekerjaan rumah yang mendasar, Jennifer mengatakan, dia menerapkan aturan tertentu untuk membuat anaknya jadi lebih mandiri.

"Jadi di rumah itu kita bekerja sama sebagai tim untuk mengurus rumah. Saya mengimbau anak-anak mengerjakan hal yang simpel-simpel di rumah," lanjut dia.

Baca juga: 7 Tips Parenting untuk Cegah Anak Kecanduan Gadget 

Jennifer Bachdim di Ionation 2023, Ancol, Jakarta.KOMPAS.COM / DINNO BASKORO Jennifer Bachdim di Ionation 2023, Ancol, Jakarta.

Misalnya, suami dan anak-anak yang sudah mengerti tentang pekerjaan rumah punya tanggung jawab menuntaskan pekerjaan yang sederhana seperti mencuci piringnya sendiri setelah makan.

Kemudian ada juga jadwal untuk merapikan mainan sendiri, membantu membersihkan rumah bersama-sama dan beberapa pekerjaan rumah yang lain.

Semua aturan itu, kata Jennifer, diterapkan agar anaknya kelak bisa bertumbuh dan hidup jadi anak yang tidak manja.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Anak Manja

Meski terkadang merasa kelelahan saat mengurus rumah tangga tanpa bantuan pengasuh anak dan ART, tapi ia menganggap semua proses dan perjalanan mengasuh anak dirasa sebagai aktivitas yang menyenangkan.

"Saya mau menjadi ibu yang merawat anak saya sendiri. Saya ingin melihat mereka grow up dengan lebih baik,"

"Karena nanti di usia mereka saat mencapai 18 tahun pasti mereka akan pergi dari rumah (hidup mandiri). Saya ingin mereka tumbuh bahagia menjadi manusia dengan cara strict saya yang happy dan fun," tandas Jennifer Bachdim.

Baca juga: Terlalu Lekat dengan Anak, Gaya Parenting yang Bikin Karakter Hancur 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com