Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

4 Cara Mengatasi Anak Manja

Kompas.com - 29/11/2022, 13:57 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Sebagai orangtua, memiliki anak memang tak mudah. Terkadang, sebagian orangtua tak menyadari kalau mereka keliru dalam mendidik anak. Akhirnya, timbul masalah dalam tumbuh kembangnya, seperti anak yang terlalu manja.

Hal ini tentunya menjadi masalah yang harus dicari jalan keluarnya. Pasalnya, anak yang manja bisa menjadi pribadi yang egois dan tak peduli dengan kebutuhan orang lain. Karena terpusat pada dirinya, ia menuntut segala sesuatu harus terpenuhi.

Penelitian Agustina dan Mailasari (2017) mengungkapkan perilaku itu disebabkan orangtua yang permisif karena lelah dan minim meluangkan waktu sehingga mereka mencari solusi termudah, yaitu menuruti segala kemauan anak.

Kisah anak yang manja ini pula dikisahkan melalui tokoh Aldi dalam siniar Dongeng Pilihan Orangtua bertajuk “Cerita Aldi si Anak Manja” yang dapat diakses melalui dik.si/DopingAnakManja.

Memang tak ada salahnya sesekali menuruti permintaan anak, tapi jika hal ini terus dilakukan akan meningkatkan risiko anak menjadi manja. Melalui survei yang dilakukan Parents, 42 persen responden mengakui anak mereka manja dan 80 persen berpendapat memanjakan anak akan berdampak pada mereka untuk jangka waktu yang panjang.

Mengapa Anak Bisa Manja?

Di Indonesia, frasa anak manja dikonotasikan sebagai hal yang negatif. Pasalnya, mereka punya perilaku egois dan tidak dewasa yang berasal dari cara mereka dibesarkan dan/atau dibesarkan.

Baca juga: Mengatasi Rasa Belum Siap Menjadi Orangtua

Biasanya, anak manja memiliki beberapa ciri, yaitu kesulitan menerima kata tidak, tidak puas dengan apa yang mereka miliki, bersikap egois karena berpikir dunia berputar di sekitar mereka saja, dan mudah marah jika keinginannya tak terkabul.

Bahkan, American Academy of Pediatrics mengatakan anak manja merupakan hasil kegagalan orangtua dalam menegakkan batasan yang konsisten dan sesuai usia. Selain itu, pola asuh yang terlalu memberikan kehidupan terbaik juga bisa menjadi pemicunya.

Orangtua yang terlalu protektif sering kali memanjakan anak-anak mereka. Pasalnya, mereka kerap kali ikut campur dalam memecahkan semua masalah anak. Hal ini pun membuat anak jadi ketergantungan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.