BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Top Coffee

Bagian dari Gaya Hidup, Kopi Masih Jadi Salah Satu Minuman Favorit Banyak Orang

Kompas.com - 22/08/2023, 11:14 WIB
Anissa DW,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kopi dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki banyak manfaat. Sebagai contoh, kopi dinilai mampu membantu pikiran lebih fokus untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Selain itu, kandungan kafein pada kopi juga dapat membantu meningkatkan suasana hati (mood).

Maka dari itu, tak heran jika kopi jadi salah satu minuman favorit banyak orang. Bahkan, bagi sebagian orang, menikmati secangkir kopi setiap hari telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari gaya hidup.

Sebuah riset yang dilakukan oleh HonestDocs pada 2019 menemukan, sebanyak 39 persen dari total 9.684 responden mengaku rutin meminum minimal satu gelas kopi setiap hari.

Kebiasaan konsumsi kopi setiap responden pun berbeda-beda. Ada yang hanya mengonsumsi satu gelas kopi per hari (21,6 persen). Ada pula yang mengonsumsi 2-3 gelas setiap hari (10,5 persen). Bahkan, sebanyak 1,9 persen responden mengaku terbiasa meminum lebih dari 11 gelas kopi per hari.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Minum Kopi di Pagi Hari

Indonesia juga menjadi salah satu negara dengan jumlah konsumsi kopi yang cukup besar. Berdasarkan data International Coffee Organization (ICO) pada periode 2020-2021, konsumsi kopi di Indonesia mencapai 5 juta kantong berukuran 60 kg.

Angka itu meningkat 4,04 persen jika dibandingkan periode sebelumnya, yakni sebesar 4,81 juta kantong berukuran 60 kg. Jumlah ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan konsumsi kopi terbesar kelima di dunia pada 2020-2021.

Di Indonesia sendiri, terdapat salah satu cara menikmati kopi yang khas dan cukup digemari masyarakat, yakni kopi tubruk. Diberitakan Kompas.com, Jumat (1/10/2021), kopi tubruk merupakan teknik pembuatan kopi yang paling tradisional.

Kopi tubruk disajikan dengan menyeduh bubuk kopi menggunakan air panas. Salah satu ciri khas kopi ini adalah ampas yang mengendap di bagian dasar gelas.

Bagi beberapa orang, ampas kopi itu menjadi daya tarik tersendiri. Pasalnya, ampas kopi akan terus bereaksi dengan air sehingga menghasilkan aroma yang harum dan nikmat.

Kreasi kopi tubruk dengan gula dan susu

Selain dinikmati tanpa campuran apa pun, kopi tubruk juga bisa dinikmati dengan tambahan bahan lain, seperti susu dan gula. Kopi tubruk dengan campuran bahan tersebut cocok bagi penggemar kopi manis atau kopi susu.

Jenis susu dan gula yang digunakan pun bisa disesuaikan dengan selera. Untuk susu, bisa menggunakan kental manis atau susu cair. Sementara untuk gula, dapat menggunakan gula pasir putih atau gula aren.

Dikutip dari Kompas.com, Jumat (1/10/2021), jika ingin menggunakan kental manis, kamu bisa memasukkannya di awal pembuatan kopi tubruk. Sebab, kental manis dapat membuat campuran gula dan air menjadi seperti karamel.

Sementara itu, jika menggunakan susu cair, bisa ditambahkan setelah bubuk kopi, air panas, dan gula tercampur rata.

Baca juga: Bikin Kopi Tubruk Manis, Kapan Gula atau Susu Sebaiknya Dituang?

Kini, penggemar kopi tubruk dengan tambahan susu dan gula aren tidak perlu repot lagi meracik semua bahan sendiri. Sebab, sudah ada brand kopi yang menggabungkan semua bahan tersebut dalam satu kemasan praktis, yakni Top Coffee Susu Gula Aren Tubruk.

Sesuai namanya, Top Coffee Susu Gula Aren Tubruk terbuat dari campuran kopi tubruk, susu, dan gula aren dalam satu kemasan. Kamu pun tinggal menyeduhnya dengan air panas.

Top Coffee Susu Gula Aren Tubruk punya aroma dan rasa kopi yang lebih kuat (strong). Kopi ini semakin nikmat berkat susu yang lembut dan gurih serta rasa gula aren yang legit dan bikin relaks.

Meski termasuk ke dalam kopi tubruk, ampas Top Coffee Susu Gula Aren Tubruk lebih halus dan cepat turun. Dengan begitu, kamu bisa segera menikmati kopi tanpa harus menunggu lama.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com