BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Top Coffee

Solusi Praktis agar Pekerja Tetap Semangat Kerja Seharian di Kantor

Kompas.com - 27/07/2023, 18:33 WIB
Anissa DW,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Rutinitas pekerjaan yang berulang, kelelahan secara fisik, hingga stres bisa menurunkan semangat dan motivasi kerja. Apalagi, jika jarak dari rumah ke kantor cukup jauh. Kondisi ini pun berpotensi membuat tubuh kelelahan dan kehabisan energi sebelum bekerja.

Rasa lelah dan kehilangan semangat saat bekerja merupakan hal yang wajar terjadi. Namun, jika dibiarkan, hal ini bisa memengaruhi produktivitas.

Agar bisa tetap produktif, berikut Kompas.com rangkumkan empat tip untuk menjaga semangat selama bekerja seharian di kantor.

1. Tidur malam yang cukup

Pastikan kamu mendapatkan tidur malam yang cukup dan berkualitas agar bisa produktif seharian di kantor. Pasalnya, kurang tidur dapat mengganggu proses berpikir.

Dikutip dari laman yankes.kemkes.go.id, Minggu (31/7/2022), kurang tidur bisa menyebabkan seseorang sulit berkonsentrasi dan mudah lupa. Hal ini berdampak pada menurunnya tingkat kewaspadaan, perhatian, penalaran, dan kemampuan pemecahan masalah.

Selain itu, seseorang yang kurang tidur juga lebih sulit mencerna dan memproses informasi selama beberapa waktu.

2. Buat daftar tugas harian

Sebelum mulai bekerja, ada baiknya kamu membuat daftar pekerjaan apa saja yang harus diselesaikan pada hari itu.

Kamu bisa mengurutkan pekerjaan berdasarkan skala prioritas, seperti tanggal atau jam tugas tersebut harus diselesaikan. Masukkan juga jadwal istirahat ke dalam daftar tersebut.

Dengan menyusun daftar itu, kamu bisa lebih mudah mengatur waktu dan pekerjaan sehingga tidak ada tugas yang terlewat.

Baca juga: 4 Cara Bikin To Do List agar Lebih Produktif ala Dosen IPB

3. Susun dan rapikan meja kerja

Mengutip laman linkedin.com, Selasa (25/1/2023), ruang atau meja kerja yang berantakan dapat membuat kamu kewalahan. Bahkan, ketika kamu merasa stres atau lelah, meja kerja yang berantakan bisa membuat suasana semakin buruk.

Untuk itu, jangan lupa untuk sesekali merapikan meja atau ruang kerja agar kamu bisa lebih mudah berkonsentrasi dan termotivasi.

4. Jangan lupa istirahat sejenak

Bekerja terus-menerus tanpa berhenti selama beberapa jam justru bisa menurunkan produktivitas dan semangat kerja. Untuk itu, jangan lupa beristirahat sejenak beberapa kali dalam sehari agar energi dan produktivitas tetap terjaga.

Agar tidak lupa beristirahat, kamu bisa menerapkan teknik Pomodoro. Teknik ini merupakan teknik manajemen waktu dengan interval tertentu yang diselingi waktu istirahat. Caranya, kamu bisa menyalakan timer selama 25 menit untuk fokus bekerja. Setelah itu, kamu bisa beristirahat selama 3-5 menit.

Baca juga: Teknik Pomodoro, Cara Berteman dengan Waktu dan Pekerjaan

Pada waktu istirahat tersebut, kamu dapat melakukan berbagai hal, seperti bergerak, peregangan, dan menikmati camilan untuk menambah semangat.

Kamu yang suka ngopi juga bisa menikmati kopi favorit saat istirahat. Salah satu kopi yang cocok jadi teman bekerja adalah Top Coffee Susu Gula Aren Tubruk. Sesuai namanya, produk kopi ini terbuat dari campuran kopi tubruk, susu, dan gula aren dalam satu kemasan.

Top Coffee Susu Gula Aren Tubruk punya aroma dan rasa kopi yang lebih kuat (strong) dengan susu yang lembut dan gurih serta rasa gula aren yang legit dan bikin relaks.

Meski termasuk ke dalam kopi tubruk, ampas Top Coffee Susu Gula Aren Tubruk lebih halus dan cepat turun. Dengan begitu, kamu bisa segera menikmati kopi tanpa harus menunggu lama.

Itulah empat tip yang bisa dilakukan agar tetap semangat dan berenergi selama bekerja seharian di kantor. Untuk informasi lebih lanjut tentang Top Coffee Susu Gula Aren Tubruk, silakan kunjungi tautan ini.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com