Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/08/2023, 18:35 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Byrdie

KOMPAS.com - Rambut memiliki aroma tersendiri yang bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti produk yang digunakan sehari-hari, seberapa sering kita keramas, dan juga faktor lingkungan.

Tak heran, bila kita jarang menjaga kebersihan rambut atau sering terpapar asap dan polusi, maka rambut akan mengeluarkan aroma yang kurang sedap.

Meskipun ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar rambut selalu wangi setiap saat, namun terdapat panduan yang secara khusus dapat menciptakan rambut yang wangi dan tentunya sehat.

Para penata rambut dan dokter spesialis kulit pun membagikan tipsnya untuk meningkatkan aroma rambut.

Baca juga: Mengapa Bau Wangi Bisa Meningkatkan Rasa Percaya Diri? Ini Alasannya

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut adalah 6 cara membuat rambut tetap wangi sepanjang hari, setiap hari, sebagaimana dilansir dari laman Byrdie.

Cara membuat rambut tetap wangi sepanjang hari

1. Menambahkan minyak esensial

Penata rambut asal Los Angeles, AS, Evalyn Denis, merekomendasikan untuk menambahkan minyak esensial dalam rutinitas sehari-hari.

"Minyak esensial sangat bagus untuk ditambahkan pada rambut karena berbagai alasan," katanya.

"Minyak rambut biasanya memiliki aroma yang luar biasa, dan saya memilihnya berdasarkan suasana hati atau kebutuhan saya," ungkapnya.

Mengenai aroma apa yang harus dipilih, itu terserah keinginan kita. Tetapi, Denis sangat menyukai aroma peppermint, rosemary, lavender, dan jeruk.

Ia pun merekomendasikan minyak esensial untuk digunakan pada kulit kepala dan rambut, namun pastikan juga produknya memang aman dan telah diformulasikan secara khusus untuk rambut.

2. Hindari rokok

Meskipun kita harus menghindari rokok demi kesehatan secara keseluruhan, namun asap rokok juga dapat meninggalkan bau yang tidak sedap pada rambut.

Jika kita seorang perokok, kita mungkin tidak menyadari betapa seriusnya bau tersebut dan seberapa dalam baunya dapat masuk ke dalam rambut kita.

"Rambut memiliki daya serap yang tinggi, jadi menghilangkan bau apa pun, terutama asap, dari rambut sangatlah sulit," jelas Denis.

"Cara terbaik dan termudah adalah dengan keramas dan membersihkan rambut."

"Apabila kita tidak memiliki waktu atau akses untuk mandi, kita dapat mencoba menggunakan dry shampoo dengan menggosokkannya ke kulit kepala," sarannya.

Baca juga: 9 Tips Jaga Kesehatan Rambut saat Cuaca Panas

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com