Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Haruskah Minum 8 Gelas Air Sehari? Ini Kata Dokter Gizi

Kompas.com - 26/08/2023, 23:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Minum air yang cukup tidak hanya dapat menghidrasi tubuh, tetapi juga menjaga imunitas dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Berdasarkan Angka Kebutuhan Gizi (AKG) yang telah ditentukan pemerintah dalam Peraturan Kementerian Kesehatan RI Nomor 75 Tahun 2013, orang dewasa yang sehat membutuhkan setidaknya 2 liter, atau sekitar 8 gelas air per hari.

Namun, dalam kasus tertentu, beberapa orang bisa saja minum kurang atau lebih dari 8 gelas sehari, sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan tubuh masing-masing.

Menurut dokter spesialis gizi klinik, Dr Diana Felicia Suganda, MKes, SpGK, setiap orang ternyata memiliki kebutuhan hidrasi yang berbeda-beda.

"Rekomendasi 8 gelas sehari itu memang diperuntukkan bagi orang dewasa yang sehat secara umum."

"Tapi itu kan juga ada hitungannya sendiri, sesuai dengan berat badan, aktivitas fisik, kemudian apakah ada stres metabolik, penyakit, dan sebagainya."

Demikian penuturan Dr Diana saat ditemui dalam acara konferensi pers Peluncuran Kampanye Conscious Consumption Danone Aqua, Kamis (24/8/2023) lalu, di Jakarta.

"Semakin banyak aktivitas kita di luar dan semakin bertambah usia, kebutuhan air akan berubah. Apalagi kalau orang dewasa yang aktif, kebutuhannya juga lebih banyak."

"Sedangkan untuk orang yang punya kondisi penyakit tertentu, seperti penyakit jantung atau gagal ginjal, ya harus dibatasin konsumsi airnya."

"Bahkan ada beberapa orang dengan penyakit ginjal hanya boleh minum 600 ml per hari karena kemampuan tubuhnya berbeda dengan orang yang sehat," kata dia.

Baca juga: Cara Kerja Ginjal dan Cara Menjaga Kesehatannya

Meskipun kebutuhan hidrasi setiap orang berbeda, namun Dr Diana tetap menganjurkan untuk minum secara cukup sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Terlebih, sebagian besar tubuh kita mengandung cairan, sehingga minum yang cukup juga dapat mendukung tubuh berfungsi secara baik dan optimal.

"Tubuh kita terdiri dari 60-65 persen cairan. Itu bukan cuma air yang kita minum saja, ada sel darah, plasma, otak, dan lainnya."

"Sehingga kalau kita kekurangan cairan ya efeknya konsentrasi bisa terganggu dan mungkin juga sakit kepala," kata Dr Diana.

"Tetapi, kelebihan minum air juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan, seperti gangguan jantung dan keseimbangan tubuh jadi ikut berubah."

"Untuk itu, saya tegaskan sekali lagi minumlah sesuai dengan kebutuhan cairan tubuh. Paling tidak mengikuti rekomendasi yang sudah disarankan, yakni 8 gelas per hari," lanjutnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com