BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Top Coffee

Kembali Fokus dan Produktif di Kantor, Ini 4 Tip Memanfaatkan Waktu Istirahat Siang

Kompas.com - 30/08/2023, 14:39 WIB
Anissa DW,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Di tengah kesibukan pekerjaan kantor, banyak pekerja sering kali lupa untuk beristirahat sejenak. Bahkan, sebagian pekerja kerap menggunakan waktu makan siang untuk melanjutkan pekerjaan agar selesai tepat waktu.

Padahal, kebiasaan tersebut memiliki dampak negatif bagi tubuh. Seperti diberitakan laman workplace.msu.edu, melewatkan waktu istirahat saat bekerja dapat menyebabkan tubuh dan pikiran lebih cepat lelah dan tingkat stres yang lebih tinggi.

Di sisi lain, memiliki waktu istirahat yang berkualitas di sela kesibukan pekerjaan punya banyak manfaat. Dikutip dari laman yang sama, mengambil jeda dari pekerjaan dengan beristirahat dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas, menjaga kesehatan tubuh dan pikiran, mengembalikan fokus, hingga membentuk kebiasaan baik.

Mengingat pentingnya waktu istirahat di sela pekerjaan, berikut Kompas.com rangkumkan empat tip yang dapat dilakukan agar kembali fresh setelah waktu istirahat siang di kantor.

1. Bergerak atau berjalan-jalan

Jika sebagian besar waktu kamu dihabiskan dengan duduk bekerja di depan laptop, menyempatkan bergerak atau berjalan-jalan sejenak saat waktu istirahat merupakan pilihan yang baik.

Dengan menjauh sejenak dari meja kerja, kamu bisa menghirup udara segar dan mendapatkan paparan sinar matahari yang bisa meningkatkan suasana hati (mood).

Selain itu, bergerak atau berjalan-jalan sejenak juga dapat membantu tubuh tetap aktif dan memberikan kesempatan bagi otak untuk beristirahat. Alhasil, kamu bisa melanjutkan pekerjaan dengan kondisi segar dan lebih berenergi.

2. Jangan makan di meja kerja

Ketika waktu makan siang, upayakan untuk tidak makan di meja kerja atau di depan laptop. Mengutip laman uk.indeed.com, Rabu (22/3/2023), hal ini dapat memastikan bahwa kamu benar-benar beristirahat dari pekerjaan.

Baca juga: Solusi Praktis agar Pekerja Tetap Semangat Kerja Seharian di Kantor

Tak hanya itu, menyantap makanan pada kondisi yang berbeda dapat membantu meningkatkan fokus dan produktivitas sekaligus mencegah stres atau kewalahan dalam menghadapi pekerjaan.

3. Mengobrol dengan rekan kerja

Salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan saat waktu istirahat siang adalah mengobrol dengan rekan kerja. Hal ini bisa dilakukan sambil makan siang bersama di luar kantor atau sekadar membeli camilan untuk dinikmati bersama.

Seperti diketahui, membangun dan mempertahankan relasi profesional dengan rekan kerja merupakan salah satu cara yang baik untuk meningkatkan performa sekaligus membuka kesempatan kerja baru.

Dengan menyempatkan waktu mengobrol dengan rekan kerja, kamu tidak hanya bisa beristirahat sejenak dari pekerjaan, tetapi juga bisa berkontribusi terhadap kesuksesan karier di masa mendatang.

4. Mendengarkan podcast atau musik favorit

Mendengarkan podcast atau musik favorit bisa jadi opsi kegiatan lain yang dilakukan di sela waktu istirahat siang. Sebab, mendengarkan musik atau podcast dapat membantu kamu mengurangi waktu menatap layar (screen time) serta memungkinkan kamu untuk melepas lelah dan relaks.

Diberitakan uk.indeed.com, Rabu (22/3/2023), podcast juga dapat membantu menstimulasi gambaran mental yang bisa menginspirasi kreativitas. Podcast pun dapat mendorong kamu untuk belajar mendengarkan dan memperhatikan.

Selain itu, kegiatan tersebut juga bisa membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi kamu selama sisa waktu kerja.

Baca juga: Bagian dari Gaya Hidup, Kopi Masih Jadi Salah Satu Minuman Favorit Banyak Orang

Kamu yang suka ngopi juga bisa menikmati kopi favorit saat waktu istirahat di kantor. Salah satu kopi yang cocok dinikmati di tengah waktu istirahat bekerja untuk membantu pikiran agar kembali segar dan fokus adalah Top Coffee Susu Gula Aren Tubruk.

Sesuai namanya, produk kopi itu terbuat dari campuran kopi tubruk dengan ampas, susu, dan gula aren dalam satu kemasan. Kamu pun tinggal menyeduhnya dengan air panas.

Top Coffee Susu Gula Aren Tubruk punya aroma dan rasa kopi yang lebih kuat (strong). Kopi ini semakin nikmat berkat susu yang lembut dan gurih serta rasa gula aren yang legit dan bikin relaks.

Meski termasuk ke dalam kopi tubruk, ampas Top Coffee Susu Gula Aren Tubruk lebih halus dan cepat turun. Dengan begitu, kamu bisa segera menikmati kopi tanpa harus menunggu lama dan mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com