Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Musang Madu" Jadi Julukan Generasi Alpha yang Berani

Kompas.com - 04/09/2023, 17:00 WIB
Putri Aulia,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Generasi Alpha, kelompok yang dimulai dengan tahun sekitar tahun 2010, semakin memikat perhatian para orangtua dari generasi milenial dan Gen X.

Para pendahulu generasi ini memberikan julukan yang unik bagi generasi yang lahir di era digital ini, yaitu "Musang Madu" (honey badger). Meski asal-usulnya belum jelas, istilah ini telah menggambarkan sifat unik yang ditunjukkan oleh anak-anak generasi Alpha.

"Musang madu" sebelumnya digunakan untuk menggambarkan ketidakpedulian atau dominasi terhadap orang lain. Tetapi sekarang, istilah ini mendapatkan popularitas di TikTok, berkat pengguna akun @ThatPsychNP yang mengungkapkan karakteristik menarik dari generasi Alpha.

Menurut @ThatPsychNP, anak-anak generasi Alpha tampaknya tidak takut untuk mengekspresikan diri dan berinteraksi dengan dunia sekitar mereka.

Baca juga: Mengenal Generasi Alpha dan Karakteristiknya

Mereka terlahir dengan kepercayaan diri yang luar biasa dan empati yang mendalam. Dalam beberapa video, anak-anak generasi Alpha terlihat berani berhadapan dengan hewan-hewan seperti rakun, beruang, bahkan ular, dengan sikap ajaib yang menggemaskan.

Seorang ibu milenial, pengguna akun @thespecialmagnolia, menggambarkan putrinya yang berusia lima tahun sebagai "psikopat kecil yang cantik" dengan tingkat empati yang luar biasa.

Dia mengatakan bahwa anaknya memiliki lebih banyak kepercayaan diri daripada banyak politisi atau aktivis saat ini, dan itu semua berasal dari rasa empati yang mendalam.

Banyak orangtua generasi Alpha yang merasa terhubung dengan pengalaman serupa. Mereka menceritakan kisah-kisah lucu tentang anak-anak mereka yang memiliki karakteristik "musang madu."

Baca juga: Generasi Alpha, Generasi Baru yang Siap Mengubah Dunia Kerja

Salah satu komentar bahkan mengajukan saran bijak kepada orangtua generasi Alpha untuk membuka rekening tabungan karena anak-anak ini tampaknya memiliki potensi yang luar biasa di masa depan.

Dengan julukan yang menarik dan karakteristik yang unik, generasi Alpha atau "Musang Madu," adalah generasi yang menjanjikan dengan kepercayaan diri, empati, dan kemampuan untuk menghadapi dunia dengan cara yang tidak konvensional.

Mereka mungkin akan menjadi pemimpin masa depan atau memiliki dampak besar di berbagai bidang, sesuai dengan kepribadian unik mereka.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com