Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lukisan Rp 60.000-an dari Toko Barang Bekas Ditawarkan Miliaran Rupiah

Kompas.com - 05/09/2023, 10:22 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pernahkah kamu pergi ke toko bekas untuk sekadar melihat-lihat barang antik yang dijual?

Lain kali, jika berkunjung ke toko barang bekas lokal di daerahmu, cobalah cari karya seni yang sedang dijual. Siapa tahu karya seni itu bisa bernilai tinggi seperti yang terjadi pada penduduk New Hampshire yang membeli lukisan seharga 4 dollar AS atau setara dengan Rp 60.000, kemudian ditawarkan seharga miliaran rupiah di pelelangan.

Menurut rumah lelang Bonhams Skinner, warga yang tidak disebutkan namanya itu sedang mencari bingkai bekas di toko Savers di Manchester ketika dia menemukan sebuah lukisan pada tahun 2017.

Lukisan itu ternyata karya Newell Convers Wyeth dan merupakan salah satu dari empat ilustrasi novel Ramona edisi 1939 karya Helen Hunt Jackson.

Pada saat itu, dia tidak mengetahui nilai sebenarnya dari lukisan yang dibelinya. Setelah mengeluarkannya dari tumpukan poster, dia membawa pulang barang itu dan menggantungnya di kamar tidurnya selama beberapa tahun sebelum menyimpannya di lemari.

Saat bersih-bersih rumah di awal tahun 2023 ini, dia menemukan kembali lukisan itu dan memposting fotonya di Facebook.

Konservator lukisan, Lauren Lewis, menemukan foto itu dan melihat lukisan itu memiliki beberapa label di bagian belakang yang menarik minatnya.

Lewis kemudian berkendara selama tiga jam untuk melihat lukisan itu secara langsung, dan menyadari bahwa lukisan itu sudah hilang selama 80 tahun.

Kini Lukisan tersebut sudah terdaftar di situs Bonhams Skinner dan akan mulai dijual pada 19 September dengan perkiraan harga jual antara Rp 2,2 miliar hingga Rp 3,8 miliar.

Baca juga: Lukisan Abad 15 yang Hilang, Ditemukan di Bungalow Milik Kakek 90 Tahun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com