Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tembus Eropa, Ivan Gunawan Pamerkan Koleksinya di Front Row Paris 2023

Kompas.com - 06/09/2023, 06:00 WIB
Putri Aulia,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Desainer Indonesia, Ivan Gunawan unjuk gigi lewat ajang Front Row Paris (FRP) 2023 di The Westin Vendome, Paris, Perancis, Sabtu (2/9/2023).

FRP 2023 ini merupakan program berkelanjutan untuk memperkuat pemasaran produk fashion Indonesia di pasar Eropa.

Dalam ajang ini Ivan membawakan koleksi Maharani yang terinspirasi dari esensi kreatif masa keemasan kerajaan Majapahit, di bawah kepemimpinan Maharani, Tribhuawana Tunggadewi, seorang ratu yang berhasil mempersatukan Nusantara.

Ivan menyerap kemegahan zaman itu dan menerjemahkannya ke dalam gaya hidup fashion masa kini yang khas, yaitu red karpet look, aura selebritas, glamor, dan juga seksi.

Semua rancangan Ivan kali ini menggunakan satu warna, yaitu emas, yang kemudian dihiasi dengan ornamen kristal dan fringe kristal yang ditata dengan dekoratif gemerlap.

Baca juga: Kain Jarik Rp 200.000-an Disulap Ivan Gunawan Jadi Busana Mewah

Koleksi Maharani Ivan GunawanDok. Ivan Gunawan Koleksi Maharani Ivan Gunawan

Pada koleksi ini ivan juga memamerkan motif yang ia ciptakan sendiri, yaitu Kipas Renjana.

Motif ini melambangkan cinta kasih, gairah, dan kerinduan.

Selain itu juga ada motif Suvarna yang berarti emas.

“Setelah 20 tahun berkarya, inilah pertama kalinya saya menciptakan motif sendiri,” ujar Ivan Gunawan.

Baca juga: Inspirasi Anggrek Sorume dalam 12 Busana Kreasi Ivan Gunawan

Langkah Ivan Gunawan di kancah Internasional juga didukung penuh oleh Vibe Indonesia yang dimulai dari kerja sama mereka pada tahun 2022 lalu.

Tak hanya itu, koleksi Maharani ini menjadi lebih istimewa karena berkolaborasi dengan bahan-bahan dari Fabric Society serta perhiasaan dari Leciel, sebuah jenama perhiasan Tanah Air.

Untuk merayakan kolaborasi pertama antara Leciel dan Ivan Gunawan, Leciel menyajikan koleksi aksesori bertema Golden Parade.

Setiap aksesoris dalam Golden Parade ini dipoles dengan sentuhan emas khas, serta diperkaya dengan batu alam asli, seperti mutiara baroque, dan rhinestone berwarna-warni yang membuatnya semakin menawan.

Dalam ajang Front Row Paris, Ivan Gunawan juga mendukung desainer Indonesia lainnya dengan Ivan Gunawan Cosmetich sebagai Official Makeup Partner Front Row Paris 2023.

Ini adalah semangat persatuan dari Ivan Gunawan untuk bersama para desainer Indonesia tampil mantap dan percaya diri di arena fashion internasional.

Baca juga: Intip Koleksi Terbaru Mandja Hijab dari Ivan Gunawan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com