Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berpose Swimsuit di Usia 81, Diungkap 10 Rahasia Sehat Martha Stewart

Kompas.com - 06/09/2023, 09:00 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

KOMPAS.com - Ketika wajah Martha Stewart menghiasi sampul depan Sports Illustrated Swimsuit Edition tahun 2023 ini, banyak orang yang kian memerhatikannya.

Dia disebut memancarkan kesehatan dan kebahagiaan serta memancarkan keceriaan yang menular, bahkan melalui halaman-halaman majalah yang mengilap.

Baca juga: Martha Stewart Jadi Model Sampul Tertua Sports Illustrated Swimsuit di Usia 81 Tahun

Pemilik nama lengkap Martha Helen Stewart ini adalah seorang pengusaha ritel, penulis, dan tokoh televisi Amerika Serikat.

Dia pun dikenal sebagai pendiri Martha Stewart Living Omnimedia, yang berfokus pada rumah dan perhotelan.

Perempuan 82 tahun ini meraih kesuksesan melalui berbagai usaha bisnis, yang meliputi penerbitan, penyiaran, merchandising, hingga e-commerce.

Nah, resep Martha untuk hidup sehat tidak hanya tentang makan dengan baik dan berolahraga, tapi dia juga mempertahankan jadwal kerja dan perjalanan yang aktif.

Dia pun menghabiskan waktu dengan hobi favoritnya, dan mengelilingi dirinya dengan hubungan yang kuat yang telah ia kembangkan selama bertahun-tahun.

Berikut ini adalah beberapa rahasia penuaan sehat yang terbaik dari Martha Stewart.

  • Pakai tabir surya setiap hari

Sinar UV matahari terkenal sangat merusak, dan SPF adalah pertahanan terbaik terhadap tanda-tanda penuaan, seperti kulit kendur, bintik-bintik matahari, dan kerutan.

SPF juga dapat mencegah kanker kulit. Martha menggunakan SPF setiap hari, dan tidak diragukan lagi, SPF memainkan peran besar dalam penampilan awet mudanya.

"Saya memberi tahu pasien saya untuk membayangkan jika saya mengkloning mereka hari ini."

"Lalu, kloningan itu memakai tabir surya setiap hari, dan tidak melakukan apa pun selain memakai tabir surya mineral."

"Nantinya, kulitnya akan lebih halus, lebih cerah, dan memiliki kilau yang lebih baik dibandingkan yang tak menggunakan," kata Kseniya Kobets, MD, dokter kulit bersertifikat.

  • Menjalin pertemanan

Sebagai makhluk sosial, penting bagi kesehatan kita secara keseluruhan untuk menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga.

Martha mengatakan, menjaga persahabatan dengan banyak orang memainkan peran penting dalam keberhasilan penuaannya.

"Ketika kita menciptakan hobi baru atau mencoba sesuatu yang baru, kita mengembangkan rasa senang, motivasi, dan kelemahan untuk mencoba."

"Seperti itulah bentuk pertemanan dan interaksi yang baru," kata Reena B. Patel, MA, LEP, BCBA, seorang psikolog pendidikan berlisensi dan analis perilaku bersertifikat.

"Hal baru membuatnya menarik dan memberi kita energi. Hal ini juga dapat memunculkan rasa ingin tahu yang lebih besar untuk belajar lebih banyak dan menantang, untuk berpikir di luar pola pikir yang nyaman."

Baca juga: Martha Stewart, Penulis 78 Tahun Awet Cantik di Sisi Kolam Renang

  • Mempelajari hal-hal baru

Sebagai pendukung kebiasaan bangun pagi, Martha berusaha untuk memanfaatkan setiap hari dengan sebaik-baiknya.

"Seiring bertambahnya usia, dan kita bertambah tua sejak kita lahir, saya pikir sangat, sangat penting bagi kita untuk mempelajari sesuatu yang baru setiap hari," kata dia kepada Maria Shriver tahun lalu dalam acara Radically Reframing Aging.

"Ini benar-benar tentang terus memperbesar pengetahuan kita sehingga kita dapat melakukan percakapan yang menarik, kita benar-benar dapat mengajarkan hal-hal baru kepada orang lain."

Patel pun setuju. Dengan mempelajari hal-hal baru membuat kita tetap awet muda dalam pikiran, jiwa, dan hati.

"Tindakan mengalami sesuatu yang baru dapat menghasilkan sel-sel otak baru dan jalur-jalur baru," kata dia.

"Sel-sel otak yang baru dapat terhubung dengan sel-sel otak lainnya dan, sebagai hasilnya, membentuk jalur-jalur baru di seluruh otak."

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com