Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Kunci Sukses Jualan Elektonik secara Online ala Kreator Affiliate

Kompas.com - 09/09/2023, 07:49 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat ini, ada banyak sekali platform digital yang bisa menjadi sarana bagi orang-orang untuk mengembangkan bisnis, salah satunya TikTok Shop.

Hadir dengan mengusung konsep Shoppertainment, TikTok Shop menawarkan pengalaman berbelanja online menyenangkan, yang juga menjadi ruang bagi para kreator affiliate untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui fitur live shopping.

Kehadiran para kreator affiliate ini turut mendukung merek lokal untuk lebih dikenal oleh masyarakat dan meningkatkan penjualan produk melalui ekosistem TikTok yang holistik.

Seperti halnya kreator affiliate bernama Kohcun (@kohcun), dengan pengikut sebanyak 1,4 juta yang berfokus pada kategori elektronik dan home living, kini sukses berjualan lewat TikTok Shop.

Berawal dari petugas konter handphone di Pematang Siantar, Kohcun sekarang sudah dikenal sebagai salah satu top kreator affiliate yang banyak membantu masyarakat memahami dan mengakses produk teknologi.

Bahkan, di bulan Agustus lalu, ia berhasil mencetak rekor penjualan produk elektronik hingga Rp 20 miliar dalam waktu sehari, pada kampanye TikTok Shop 8.8 Pesta Lokal.

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok Affiliate serta Syaratnya

Kunci sukses berjualan elektronik secara online

Ditemui dalam sesi wawancara khusus di Jakarta Pusat, Selasa (5/9/2023), Kohcun pun membagikan kunci suksesnya berjualan produk elektronik secara online, terutama di TikTok Shop, sebagai berikut.

1. Konsisten membuat konten

Selama kurang lebih 2,5 tahun bergabung di platform TikTok, Kohcun mengaku terus konsisten dalam menghadirkan konten-konten yang tidak hanya menarik tetapi juga mengedukasi penontonnya.

Ia pun secara rutin melakukan livestream setiap harinya mulai pukul 9.00-12.00, 13.00-15.00, dan 19.00-21.00 WIB.

"Dulu waktu pertama kali sharing di TikTok belum ada Shoppertainment. Jadi benar-benar hanya mau berbagi informasi saja," katanya.

Namun, setelah ada TikTok Affiliate, Kohcun mulai melakukan livestream dengan mengembangkan konten yang diminati, seperti review produk dan tanya jawab dengan penonton.

"Makanya yang membedakan jualan di platform ini, penonton bisa langsung berinteraksi dan bertanya soal produk yang diinginkan," terang Kohcun.

"Apalagi, yang namanya barang elektronik itu kan harganya tidak murah ya, jadi orang harus memastikan barang yang dibeli sesuai tidak dan tentunya berkualitas," ungkapnya.

Baca juga: Mau Dapat Cuan Lebih? Yuk, Berjualan Online

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com