Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inovasi Buku Tamu Pernikahan Digital, Apa Keuntungannya?

Kompas.com - 10/09/2023, 17:50 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Peran buku tamu dalam sebuah acara pernikahan sangat penting. Buku tamu ini berguna untuk pengumpulan data tamu yang hadir dalam acara pernikahan kita.

Buku tamu biasanya diisi secara manual oleh para tamu dengan mencantumkan nama dan alamat mereka.

Namun, praktik ini seringkali menyebabkan kerumunan dan antrean yang mengular di depan pintu masuk.

Selain itu, penyimpanan buku tamu manual juga seringkali merepotkan karena ukurannya yang besar dan rentan rusak.

Tak hanya itu, buku tamu manual memiliki banyak kekurangan, seperti risiko keamanan data, tingkat kesalahan yang lebih tinggi, dan pembuatan laporan yang tidak efisien.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, buku tamu pernikahan kini telah mengalami evolusi signifikan dengan munculnya buku tamu digital.

Salah satu perusahaan yang ikut dalam perkembanan ini adalah Merito, mereka menyediakan layanan buku tamu digital yang menggunakan teknologi terbaru dan terintegrasi dengan aplikasi WhatsApp.

Nantinya, tamu akan menerima notifikasi WhatsApp berisi QR Code untuk proses registrasi yang mudah dilakukan dengan scan di lokasi acara.

Teknologi ini memudahkan proses yang sebelumnya harus dilakukan secara manual menjadi lebih mudah dan efisien.

Dengan demikian, antrean dan kerumunan dapat diminimalkan karena registrasi menjadi lebih cepat daripada menulis di buku.

Tak hanya itu, Merito juga menyediakan sistem yang dapat menghasilkan laporan kehadiran tamu secara akurat, termasuk detail seperti tamu yang hadir dan tidak hadir, tamu yang memberikan angpau, dan tamu yang sudah mengambil souvenir.

“Sistem Merito ini bisa menampilkan laporan kehadiran tamu secara akurat, dan memberikan laporan kepada calon bride & groom secara lengkap meliputi list tamu yang hadir, list tamu yang tidak hadir, list tamu yang memberi angpau atau tidak hingga list tamu yang sudah ambil souvenir atau belum,” ujar Head of Marketing Merito, Melvina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com