Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/09/2023, 12:22 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gaya rambut ala militer telah berkembang pesat dan tak hanya digunakan oleh tentara, namun sudah menjadi pilihan umum para pria dalam memilih gaya rambut sehari-hari.

Tak hanya perawatannya saja yang mudah, gaya rambut serdadu ini juga memiliki cita maskulin dan berani. Ini faktor yang membuat potongan gaya rambut militer kian populer.

Meskipun awalnya peraturan potongan rambut militer sangat ketat, sekarang ada beragam variasi menarik yang tersedia. Berikut beberapa ide gaya rambut militer yang bisa dicoba.

Baca juga: Pilihan Gaya Rambut Pendek Sesuai Bentuk Wajah

Military high and tight haircut

Military high and tight haircutInstagram/@horatiuthebarber Military high and tight haircut

Potongan rambut military high and tight adalah pilihan utama para prajurit. Potongan ini mudah dikenali di antara berbagai jenis potongan rambut militer karena sampingnya dicukur pendek, sementara bagian atasnya tetap dipangkas.

Selain itu, kita dapat melengkapi tampilan dengan jenggot. Karena potongan ini sangat fleksibel, kita juga bisa memilih versi yang sedikit lebih panjang dengan sedikit perbedaan antara rambut di samping dan bagian atasnya.

Military undercut

Military undercutInstagram/@xbigwesx Military undercut

Military undercut sebenarnya adalah salah satu gaya  yang pertama kali memadukan panjang yang seragam di samping dan belakang dengan bagian atas sedikit lebih panjang.

Selain itu, ada juga variasi potongan rambut militer yang lebih ekstrem dan keren. Salah satunya adalah gaya rambut gangster yang populer di era Boardwalk Empire yang dikenal dengan penataannya oleh Michael Pitt.

Baca juga: 7 Gaya Rambut Pendek Pria Asia, Bikin Tampilan Lebih Awet Muda

Ivy league

Ivy leagueInstagram/@joshconnollybarber Ivy league

Potongan ivy league sebenarnya tidak mengingatkan pada potongan rambut militer. Namun, jika dianalisis lebih dekat, dasar potongan ini adalah gaya cepak namun sedikit lebih panjang.

Gaya rambut ini akan cocok bagi siapa saja yang ingin terlihat rapi dan resmi. Ada berbagai cara bagaimana kita dapat melakukan potongan ivy league. Kita dapat memotong sisi-sisinya menjadi pendek atau membiarkannya tumbuh keluar.

Untuk mengatur potongan rambut ini dengan sempurna dan menciptakan sedikit tekstur, cukup tambahkan sedikit pomade atau wax.

Short brush up

Short brush upInstagram/@alan_beak Short brush up

Bukan rahasia lagi bahwa potongan rambut militer selalu terlihat rapi dan necis. Oleh karena itu, potongan pendek adalah pilihan yang sempurna.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com