Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Ide Gaya Rambut Militer untuk Pria Tahun 2023

KOMPAS.com - Gaya rambut ala militer telah berkembang pesat dan tak hanya digunakan oleh tentara, namun sudah menjadi pilihan umum para pria dalam memilih gaya rambut sehari-hari.

Tak hanya perawatannya saja yang mudah, gaya rambut serdadu ini juga memiliki cita maskulin dan berani. Ini faktor yang membuat potongan gaya rambut militer kian populer.

Meskipun awalnya peraturan potongan rambut militer sangat ketat, sekarang ada beragam variasi menarik yang tersedia. Berikut beberapa ide gaya rambut militer yang bisa dicoba.

Potongan rambut military high and tight adalah pilihan utama para prajurit. Potongan ini mudah dikenali di antara berbagai jenis potongan rambut militer karena sampingnya dicukur pendek, sementara bagian atasnya tetap dipangkas.

Selain itu, kita dapat melengkapi tampilan dengan jenggot. Karena potongan ini sangat fleksibel, kita juga bisa memilih versi yang sedikit lebih panjang dengan sedikit perbedaan antara rambut di samping dan bagian atasnya.

Military undercut sebenarnya adalah salah satu gaya  yang pertama kali memadukan panjang yang seragam di samping dan belakang dengan bagian atas sedikit lebih panjang.

Selain itu, ada juga variasi potongan rambut militer yang lebih ekstrem dan keren. Salah satunya adalah gaya rambut gangster yang populer di era Boardwalk Empire yang dikenal dengan penataannya oleh Michael Pitt.

Potongan ivy league sebenarnya tidak mengingatkan pada potongan rambut militer. Namun, jika dianalisis lebih dekat, dasar potongan ini adalah gaya cepak namun sedikit lebih panjang.

Gaya rambut ini akan cocok bagi siapa saja yang ingin terlihat rapi dan resmi. Ada berbagai cara bagaimana kita dapat melakukan potongan ivy league. Kita dapat memotong sisi-sisinya menjadi pendek atau membiarkannya tumbuh keluar.

Untuk mengatur potongan rambut ini dengan sempurna dan menciptakan sedikit tekstur, cukup tambahkan sedikit pomade atau wax.

Short brush up

Bukan rahasia lagi bahwa potongan rambut militer selalu terlihat rapi dan necis. Oleh karena itu, potongan pendek adalah pilihan yang sempurna.

Kita dapat dengan mudah membuatnya tampak lebih rapi dan bergaya dengan menggabungkan pemudaran kulit pada tingkat kebotakan apa pun.

Berbeda dengan jenis potongan rambut militer lainnya, potongan crew cut dapat terlihat lebih konservatif.

Untuk mendapatkan potongan terbaik, kita perlu memangkas rambut sekitar dua inci dan membiarkan rambut di bagian depan kepala sedikit lebih panjang sehingga kita dapat menyisir dan mengatur potongan crew cut ini.

Jika ingin menekankan bagian depannya, pastikan untuk mencukur bagian samping dan belakang kepala sangat pendek untuk menciptakan kontras yang mencolok.

Untuk memberikan sedikit sentuhan lembut pada tampilan ini, pertimbangkan untuk menambahkan fade pada potongan crew cut kita.

Gaya klasik tidak akan pernah ketinggalan zaman. Jadi, jika kita menginginkan potongan rambut militer, cobalah gaya retro lama.

Tentu saja, untuk memberikan sentuhan modern, kita dapat menambahkan elemen-elemen tren seperti bagian rambut yang tegas atau desain rambut yang stylish.

Pada dasarnya, ini adalah varian dari potongan rambut undercut dengan sisi yang dicukur dengan bagian atas yang disisir ke belakang.

Penting untuk diingat, untuk menciptakan tampilan rambut yang disisir ke belakang ini, kita akan memerlukan banyak pomade atau wax karena seperti namanya, kita harus menyisir rambut ke belakang dengan rapi.

Gaya rambut militer berfokus pada garis-garis yang tegas, presisi, dan jumlah rambut yang minimal. Bahkan potongan poni yang dipendekkan terlihat sesuai dan elegan dalam konteks ini.

Kita dapat mempertegas tampilan dengan menambahkan jenggot atau rambut wajah yang rapi untuk kesan yang lebih teratur.

Untuk mencoba potongan burr cut, penting untuk memahami potongan rambut induksi terlebih dahulu. Dalam istilah sederhana, potongan rambut induksi adalah potongan rambut paling pendek yang mungkin ada.

Potongan ini bahkan merujuk pada potongan rambut botak saat hanya ada sedikit rambut kasar yang tersisa. Ketika rambut dalam potongan induksi mulai tumbuh sedikit, maka potongan ini berubah menjadi potongan burr cut.

Potongan rambut ini adalah gaya potongan rambut yang modis dan serbaguna. Gaya ini menggabungkan elemen potongan klasik militer pada bagian samping dan belakang dengan bagian atas yang lebih panjang dan diberi tekstur yang disikat ke atas.

Ini merupakan pilihan gaya rambut pria yang ingin tampil rapi dan tegas sambil tetap mempertahankan panjang dan volume rambut di bagian atas kepala.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/09/11/122237220/10-ide-gaya-rambut-militer-untuk-pria-tahun-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke